Gorontalo (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mendukung peningkatan bantuan modal usaha dari pemerintah daerah bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah itu.

"Saya berharap, di Tahun Anggaran 2023 ini, bantuan modal usaha dapat segera diterima para pelaku UMKM di daerah ini, diantaranya di wilayah Desa Molingkapoto Selatan, Kecamatan Kwandang, dimana warganya banyak yang menjadi pelaku UMKM," kata Wakil Ketua DPRD, Roni Imran, di Gorontalo, Senin.

Menurutnya, bantuan untuk pelaku UMKM untuk mendorong mereka lebih inovasi, berkreasi dalam meningkatkan usaha yang dimiliki.

Untuk itu, bantuan modal usaha perlu tetap ada dan diberikan bagi pelaku UMKM dan temtunya bantuan yang diberikan harus didampingi agar tepat kelola dan tepat manajemen, agar berdampak pada kemajuan usaha.

"Pemerintah daerah dapat melakukan evaluasi bagi para penerima. Jika berhasil dalam mengelola bantuan, perlu mendapat penghargaan seperti peningkatan jumlah bantuan," katanya.

Sekretaris Daerah Gorontalo Utara, Suleman Lakoro mengatakan, pemerintah daerah intensif memberi bantuan bagi para pelaku UMKM.

Banyak program yang dijalankan dalam meningkatkan pendampingan usaha mikro kecil dan menengah, melibatkan beragam organisasi perangkat daerah. Mulai dari usaha pertanian, kuliner, produk pangan, kerajinan tangan dan jenis usaha lainnya.

Data Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM kata Suleman, sebanyak 5 ribu lebih pelaku UMKM di daerah itu tersebar di 11 kecamatan.

Bantuan yang disebar pun mulai dari uang tunai hingga peralatan siap pakai yang digunakan dalam meningkatkan produksi.

"Kami berharap melalui program tersebut, ekonomi mikro terus bertumbuh dan menjadi penyumbang besar bagi pertumbuhan ekonomi di sektor riil juga berdampak pada peningkatan pendapatan asli daerah," imbuhnya.

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023