Jakarta (ANTARA) - Pengelola Bandara Kualanamu di Sumatera Utara menegaskan untuk menjalankan arahan regulator dalam memenuhi aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan sejalan dengan Surat Direktorat Bandar Udara Kementerian Perhubungan tertanggal 1 Mei 2023 yang ditujukan kepada seluruh Kepala Bandar Udara selaku penanggung jawab tunggal operasional di bandara.

“Sesuai surat tersebut, perusahaan memeriksa seluruh fasilitas di Bandara Kualanamu guna tersedia fasilitas yang memenuhi standar keselamatan, keamanan dan pelayanan terhadap pengguna jasa bandara,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura Aviasi Achmad Rifai dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Dikatakan, perusahaan juga berkomitmen memenuhi aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan di Bandara Kualanamu.

Kesiapan fasilitas juga didukung dengan pemeliharaan dengan jangka waktu tertentu dengan cara pengecekan, tes, verifikasi, dan/atau kalibrasi sesuai ketentuan.

Head of Corporate Secretary & Legal PT Angkasa Pura Aviasi Dedi Al Subur menuturkan sesuai surat tersebut, Bandara Kualanamu memastikan terdapat SOP baik prosedur pengoperasian, pemeliharaan serta penilaian risiko yang memenuhi aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan di bandara. Bandara Kualanamu juga memastikan personel bandara memiliki sertifikat kompetensi sesuai dengan bidang pekerjaan dan mempunyai kewenangan penugasan.

“PT Angkasa Pura Aviasi juga melakukan pengawasan dan pengendalian secara internal atas kelaikan fasilitas bandara, pelaksanaan prosedur dan pengoperasian fasilitas bandara serta kompetensi personel bandara, seperti tercantum di dalam surat Direktorat Bandar Udara tersebut,” ujar Dedi Al Subur.

PT Angkasa Pura II selaku induk usaha dari PT Angkasa Pura Aviasi mendukung penuh peningkatan keselamatan, keamanan dan pelayanan di Bandara Kualanamu.

“Setiap bandara AP II, termasuk Bandara Kualanamu yang dikelola PT Angkasa Pura Aviasi, harus memenuhi surat Direktorat Bandar Udara yang ditujukan ke seluruh kepala bandara,” ujar VP of Corporate Communications PT Angkasa Pura II Cin Asmoro.


Baca juga: Angkasa Pura Aviasi sempurnakan prosedur operasi di Bandara Kualanamu
Baca juga: DPRD Sumut panggil pengelola Bandara Kualanamu pascatemuan mayat
Baca juga: Kemenhub kirim surat teguran usai penemuan mayat di Bandara Kualanamu

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023