Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan target lebih dari 69 emas dan peringkat 1 atau 2, yang dicanangkan Presiden Joko Widodo menjadi acuan atlet dalam SEA Games 2023 di Kamboja.

Target dari Presiden Jokowi itu lebih tinggi dibandingkan target disampaikan sebelumnya oleh Menpora yakni 60 emas dari peringkat tiga besar.

“Target kita di 60 medali itu dengan perolehan peringkat di tiga besar, sebenarnya hitungan kita. Jadi semoga motivasi dan target dari Bapak Presiden tetap kita jadikan acuan dan juga maksimal untuk atlet-atlet dari kontingen Indonesia ini bisa meraih lebih dari segitu,” kata Dito di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa usai upacara pelepasan atlet SEA Games 2023.

Dito mengatakan seluruh cabang olahraga yang diikuti Indonesia di SEA Games berpotensi mendulang emas. Menurut dia, memang ada beberapa cabang olahraga yang berpotensi meraih medali namun tidak dipertandingkan oleh Indonesia seperti catur, panahan. dan kano.

Baca juga: Jokowi lepas 599 atlet untuk berlaga di SEA Games ke-32 Kamboja

Menurut Dito, Indonesia mengganti kontingen untuk cabang tersebut dengan kontingen lain yang beregu, agar peluang penambahan medali emas semakin besar.

“Cabang-cabang olahraga tersebut tidak dipertandingkan diganti menjadi cabang olahraga beregu, tetapi kita juga tetap optimis karena kesiapan dari cabang olahraga yang beregu itu semuanya sudah maksimal dan Alhamdulillah kita sudah melihat ya sepakbola, kriket dan hoki itu sudah menang, menangnya signifikan, jadi insya Allah meraih emas juga,” kata Dito.

Ketua Komite Olahraga Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari mengatakan kemenangan tim kriket dan hoki pada pertandingan SEA Games 2023 yang sudah digelar di Kamboja, memberikan semangat untuk atlet-atlet Indonesia lainnya, terutama untuk kontingen yang baru saja berangkat.

Raja optimistis Indonesia akan mencapai target meraih medali emas lebih dari 69 medali dan peringkat 1 atau 2 di SEA Games 2023, seusai permintaan Presiden Jokowi.

Baca juga: Jokowi targetkan lebih dari 69 emas dan peringkat 1-2 di SEA Games

“Yang berangkat semuanya semangatnya untuk menang. Memang dari awal, enggak ada yang berangkat untuk kalah. apapun yang ada, kita ambil semua,” kata Raja.

Sebelum upacara pelepasan Kontingen Indonesia dilakukan awal pekan ini, sejumlah cabang olahraga secara bertahap sudah memberangkatkan atlet. Khususnya yang bertanding sebelum upacara pembukaan SEA Games Kamboja pada Jumat (5/5). Kontingen cabang olahraga yang sudah bertolak ke Kamboja adalah sepak bola, kriket, hoki indoor, balap sepeda, dan triatlon.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menargetkan kontingen Indonesia dapat menyabet lebih dari 69 medali emas dan menduduki peringkat 1 atau 2 di SEA Games ke-32 Kamboja 2023 agar mendapat pencapaian yang lebih baik dibanding SEA Games ke-31 di Vietnam,

“Saya minta emasnya di atas 69, peringkatnya juga di atas 3. Pilihannya cuma dua, peringkat satu atau peringkat dua,” kata Presiden Jokowi di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Selasa.

Baca juga: Menpora Dito: Hasil SEA Games jadi tolak ukur untuk Olimpiade 2024
Baca juga: Menpora gandeng empat selebritis muda untuk semangati para kontingen


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023