Makassar (ANTARA) - Mahasiswa Fakultas Hukum Unhas, Abdi Ardiansyah menjadi salah satu dari empat delegasi Kementerian Pemuda dan Olahraga di ajang The 2023 United Nations Economic and Social Council (ECOSOC) Youth Forum yang digelar di New York pada 25-27 April 2023.

Abdi yang merupakan mahasiswa angkatan 2022 ini menceritakan serangkaian aktivitas yang dilakukan selama di New York. Di sana, Abdi bersama delegasi lain dari Universitas Indonesia, dan UIN Syarif Hidayatullah, mengikuti Ministerial Sessions, yakni rapat menteri dari berbagai negara.

“Ada juga sesi di mana setiap delegasi dari berbagai negara mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan gagasan. Saya sendiri mendapatkan tugas untuk melakukan intervensi yang berfokus pada SGD 7 terkait Affordable and Clean Energy atau menjamin akses universal layanan energi yang terjangkau, andal dan modern,” kata Abdi dalam keterangannya di Makassar, Selasa.

Forum pemuda ini diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Forum ECOSOC ini merupakan forum internasional yang menjadi wadah bagi para pemuda untuk membahas peningkatan pemulihan COVID-19 serta isu kepemudaan secara konkret sesuai Sustainable Development Goals (SDGs).

Baca juga: 2.045 mahasiswa Unhas lolos proposal Ide Bisnis Program Wirausaha 2023

Baca juga: Mahasiswa Teknik Unhas rancang kapal selam mini nirawak


Pada kesempatan bergengsi tersebut, Abdi juga menyampaikan gagasannya mengenai komitmen baik Indonesia terkait partisipasi politik bagi pemuda di Indonesia pada Plenary Session.

Lebih jauh, Abdi menuturkan ECOSOC Youth Forum ini menjadi ruang untuk bertemu dan berbicara langsung bersama petinggi PBB dan berdiskusi untuk menyampaikan gagasan-gagasan serta melaporkan apa saja yang telah dilakukan Indonesia terkait SDGs bersama pemuda-pemudi terpilih dari seluruh negara anggota PBB

“Tentunya senang dan bersyukur bisa terpilih mewakili Kemenpora dan Universitas Hasanuddin sebagai delegasi Indonesia pada UN ECOSOC Youth Forum 2023 ini,” tutup Abdi.

Setelah mengikuti forum internasional ini, lanjut Abdi, ia akan terus bersinergi untuk mendukung upaya akselerasi SDGs, khususnya pada bidang pendidikan di Indonesia.

Dirinya juga berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada Universitas Hasanuddin sebagai salah satu kampus yang sangat memperhatikan SGDs di Indonesia.

Baca juga: Unhas tetapkan delapan mahasiswa berprestasi Pilmapres 2023

Baca juga: Rektor Unhas: Mahasiswa mesti berkarakter maritim hadapi era VUCA

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023