Mamuju (ANTARA News)- Pemerintah Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat mengalokasikan anggaran Rp13,9 miliar pada APBD 2013 untuk program peningkatan ketahanan pangan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mamuju, Junda Maulana di Mamuju, Sabtu mengatakan, anggaran tersebut di antaranya digunakan untuk peningkatan produksi tanaman pangan seperti padi.

"Selain untuk kebutuhan peningkatan sarana dan prasarananya anggaran itu juga untuk digunakan bagi peningkatan pengadaan pupuk dan benih tanaman pertanian padi sehingga produksinya dapat meningkat,"katanya.

Menurut dia, tanaman padi merupakan salah satu komiditi andalan pertanian di Mamuju dalam rangka meningkatkan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan petani

Junda mengatakan, di Mamuju terdapat sekitar 23.000 hektare tanaman padi dengan tingkat produksi sekitar 127.000 ton /tahun.

Menurut dia, dengan produksi padi itu Mamuju yang berpenduduk sekitar 350 ribu jiwa telah menjadi daerah swasembada beras karena setiap tahun mengalami surplus beras memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Mamuju maupun di sejumlah daerah di sulbar bahkan diseluruh wilayah sulawesi.

(KR-MFH)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013