Kurang lebih, kita mengerahkan 225 personel
Jakarta (ANTARA) - Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan memprioritaskan kebersihan lima titik di daerah itu, menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 pada September.

"Adapun jalur protokol yang menjadi target prioritas pembersihan yakni Jalan TB Simatupang, Jalan Kartini, Jalan Fatmawati, Jalan Antasari, termasuk Cipete Raya," kata Camat Cilandak Djaharuddin dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Selasa.

Djaharuddin menerangkan sejak Minggu (30/4) pihaknya telah melaksanakan secara serentak kegiatan dengan pengecatan, membersihkan trotoar, hingga menghapus coretan.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) dalam kegiatan pembersihan trotoar yang sudah kusam atau kotor.

"Selain itu, ada juga peran Bina Marga yang melakukan perbaikan atau penambahan trotoar yang rusak atau berlubang," katanya. 

Baca juga: Trotoar dan Jalan Gatot Subroto dibersihkan jelang KTT ASEAN 2023

Djaharuddin menambahkan, pihaknya menargetkan pengecatan trotoar selesai pada Selasa ini.

Terlebih, pihaknya juga memonitor apakah ada bagian yang terlewat ketika serangkaian kegiatan tersebut dilakukan terutama pada perempatan lampu merah.

"Kurang lebih, kita mengerahkan 225 personel yang terdiri dari unsur sektoral seperti Bina Marga, SDA, Pertamanan, terus Damkar, PPSU," katanya. 

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) juga membersihkan trotoar dan Jalan Gatot Subroto (Gatsu) di Kelurahan Menteng Dalam, Kecamatan Tebet, dengan penyemprotan air dari mobil pemadam kebakaran untuk menyambut Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan, Syamsul Huda dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa dalam kegiatan ini pihaknya mengerahkan satu unit mobil pemadam berkapasitas 4.000 liter beserta enam personel.

Baca juga: Kabel-kabel semrawut di Jakarta juga dirapikan sebelum KTT ASEAN

Syamsul menyebutkan, terdapat lima kecamatan di Jakarta Selatan yang menjadi fokus untuk menyambut KTT ASEAN, yakni Kecamatan Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Tebet dan Setiabudi.

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN akan diselenggarakan pada Mei 2023 di Labuan Bajo (NTT) dan di DKI Jakarta pada September 2023.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023