Labuan Bajo, NTT (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan kesuksesan penyelenggaraan KTT Ke-42 Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) memerlukan dukungan dari masyarakat baik di Nusa Tenggara Timur dan kawasan lain Indonesia.

"Suksesnya KTT adalah bagaimana keikutsertaan masyarakat kita, baik masyarakat NTT maupun masyarakat kawasan nasional dan kesuksesan itu sangat tergantung pada transmisi informasi yang dilakukan oleh media," kata Johnny dalam media gathering Persiapan KTT Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, NTT, pada Selasa.

Menurut dia, dengan dukungan dari media, maka penyebaran informasi terkait KTT ASEAN turut menyukseskan penyelenggaraan acara tersebut dan juga menyebarkan manfaat yang didapat.

"Niscaya KTT ASEAN akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi Indonesia," ujar Johnny.

Johnny menjelaskan penyelenggaraan KTT ASEAN akan dilangsungkan pada 10 dan 11 Mei 2023 dengan tiga lokasi utama, yakni Hotel Meruorah, Hotel Ayana Resort, dan Hotel Bintang Flores.

Sejumlah delegasi dan tamu VVIP akan mulai berdatangan pada 10 Mei 2023.

Kemudian pada 11 Mei jadwal kepala negara dan pemerintahan ASEAN akan melakukan retreat session dan sejumlah pertemuan rangkaian KTT ASEAN.

"Kita harapkan nanti penyelenggaraan KTT ASEAN berjalan lancar dan rekan-rekan media terlayani dengan baik sehingga jadwal dan penyelenggaraan KTT ASEAN berlangsung dengan baik dan diberitakan dengan baik," jelas Johnny.

Indonesia menjabat Keketuaan ASEAN pada 2023 dengan mengangkat tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth yang bermakna ASEAN relevan dan penting sebagai pusat pertumbuhan dunia.

Indonesia bertujuan memperkuat kapasitas dan efektivitas kelembagaan ASEAN sehingga mampu menjawab tantangan 20 tahun ke depan.

Indonesia akan mengawal kawasan menuju ASEAN 2045 yang perlu lebih adaptif, responsif, dan kompetitif dengan cara “ASEAN Way” yang sejalan dengan prinsip Piagam ASEAN.

Dalam keketuaannya, Indonesia mengajak negara-negara ASEAN berperan aktif dan menawarkan ide serta solusi bagi perdamaian dan kemakmuran di regional. Sebagai ketua, Indonesia juga bertujuan memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan yang berkelanjutan.

Baca juga: Menkominfo harap media sebarluaskan manfaat KTT ASEAN
Baca juga: Sandiaga: 38 hotel masih tersedia di Labuan Bajo jelang KTT ASEAN
Baca juga: Polda Bali kirimkan 15 mobil patwal untuk KTT ASEAN di Labuan Bajo-NTT

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023