Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa mengunjungi daerah konflik di negara bagian Rakhine, Myanmar, untuk memenuhi undangan pemerintah Myanmar dan menindaklanjuti hasil pertemuan bilateral pemimpin kedua negara di Kamboja November lalu.

Selama kunjungan kerja pada Senin (7/1) hingga Selasa (8/1), Marty antara lain akan melakukan pertemuan dengan pejabat pemerintah Myanmar untuk membahas beberapa isu pokok soal penyelesaian politis, bantuan kemanusiaan, serta proses rehabilitasi dan rekonstruksi di daerah konflik.

Selama di Myanmar, Menlu juga dijadwalkan bertemu dengan Menteri Perbatasan Myanmar Thein Htay dan Kepala Menteri Rakhine, Hla Maung Tin.

Menurut siaran pers Kementerian Luar Negeri RI, Senin, Menlu akan melihat langsung kondisi daerah konflik di beberapa kota di Rakhine seperti Kyauktaw, Maungday, Pauktaw, dan Sittwe.

Pemerintah menyiapkan bantuan senilai satu juta dolar AS untuk membantu meringankan beban korban konflik antara kelompok Budha Rakhine dan Muslim Rohingya.

(A061)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013