Lelahnya rekan-rekan, bagaimana rekan-rekan harus bekerja siang dan malam, di saat bersamaan masyarakat yang lainnya bisa berlibur, namun rekan-rekan terus bekerja keras
Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh jajaran yang terlibat dalam pengamanan arus mudik dan milir Lebaran 2023 yang telah berjalan dengan baik serta aman terkendali.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran, baik di pusat maupun seluruh wilayah yang telah bekerja keras, dan Alhamdulillah hasilnya bisa kita lihat bersama,” kata Sigit dalam keterangan tertulis Divisi Humas Polri, usai konferensi video bersama jajaran di Jakarta, Rabu.

Menurut Sigit, pengamanan mudik dan milir Lebaran 2023 berjalan baik dan aman berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan Operasi Ketupat 2023. Padahal, tahun ini pelaksanaan operasi dihadapkan pada peningkatan arus mudik dan milir sekitar 40 persen dibandingkan tahun 2022.

Keberhasilan ini, kata dia, berkat kerja keras jajarannya bersama seluruh pemangku kepentingan terkait dimulai dari pelayanan arus mudik dengan mempersiapkan berbagai pos ( pos pengamanan, pos pelayanan, pos terpadu), dan juga berbagai macam kegiatan pengamanan pada saat kegiatan malam takbir, Salat Idul Fitri, kegiatan-kegiatan di tempat wisata, semuanya berjalan dengan baik.

Baca juga: Komunikolog nilai Kapolri Sigit berhasil terapkan Polri Presisi

Jenderal bintang empat itu menyampaikan, kerja keras dan rasa lelah yang dirasakan jajarannya menjadi pemicu semangat untuk bertugas lebih baik lagi ke depannya.

"Lelahnya rekan-rekan, bagaimana rekan-rekan harus bekerja siang dan malam, di saat bersamaan masyarakat yang lainnya bisa berlibur, namun rekan-rekan terus bekerja keras," katanya.

Pelaksanaan Operasi Ketupat 2023 merupakan operasi terbesar yang dilaksanakan oleh kepolisian bersama pemangku kepentingan terkait lainnya, dengan pelibatan personel lebih banyak dibanding pengamanan KTT G20 November 2022.

Jumlah personel yang dilibatkan sebanyak 148.621 orang, terdiri atas 1.240 personel Mabes Polri, 91.153 personel Polda jajaran dan 55.818 personel dari instansi terkait (TNI, perhubungan, kesehatan, BNPB, SAR, relawan, pramuka dan lainnya).

Sementara itu, hasil evaluasi Operasi Ketupat 2023 dari sisi kemacetan di ruas jalan tol dan arteri dapat teratasi, begitu pula untuk angka kejadian kecelakaan secara umum terjadi penurunan. Dan untuk jalur penyeberangan laut tidak lagi terjadi kemacetan seperti yang dikeluhkan masyarakat Lebaran tahun lalu.
Baca juga: Ketua MPR apresiasi Kapolri atas kelancaran arus mudik Lebaran 2023
Baca juga: Rampai Nusantara apresiasi kapolri optimalkan pelayanan arus mudik


 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023