Kulon Progo (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Priyo Santoso meminta pemerintah setempat serius mengembangkan kawasan pantai selatan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru, mulai dari pusat pariwisata dan agrowisata.

Priyo Santoso di Kulon Progo, Rabu, mengatakan pengembangan pantai selatan sesuai dengan visi dan misi Gubernur DIY Sri Sultan HB X yakni pintu gerbang adalah wilayah selatan.

"Ada jembatan baru dipastikan membuka peluang pengembangan wisata di pantai selatan. Untuk itu, kami minta Dinas Pariwisata lebih bisa memfokuskan pengembangan wisata pantai dari Pantai Trisik sampai Congot dengan mengoptimalkan dana keistimewaan," kata Priyo Santoso.

Ia mengatakan pengembangan pantai selatan sebagai pusat pariwisata air, pariwisata keluarga atau agrowisata.

Hal ini dikarenakan wilayah pantai selatan ada wisata agro pertanian yang bisa dikembangkan sebagai edu wisata. Yakni berwisata belajar budi daya tanaman hortikultura.

Selain itu, ada beberapa laguna yang bisa dikembangkan sebagai wisata air atau wisata keluarga.

"Hal yang tidak kalah penting adalah mendorong untuk menjadikan perubahan Samudra Hindia menjadi Samudra Indonesia menjadi monumental bahwa keseriusan pembangunan pantai selatan sebagai pintu gerbang dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Lebih lanjut, Priyo Santoso mengatakan pengembangan pertanian sebagai edu wisata sangat berpeluang besar. Komoditas yang perlu diutamakan adalah tanaman hortikultura, seperti semangka, cabai, bawang merah, dan melon.

"Pemkab Kulon Progo harus menyediakan sarana dan prasarana berupa energi listrik untuk alih teknologi dan efisien biaya produksi pengolahan pertanian dan jalan agrowisata," katanya.

Namun demikian, ia mengatakan untuk pengembangan pariwisata tersebut dibutuhkan dukungan infrastruktur jalan dari Trisik sampai Glagah.

"Nanti masyarakat dapat menikmati laut saat melalui jalan tersebut," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo Joko Mursito mengatakan Dinas Pariwisata sudah menyusun program pengembangan pantai selatan.

"Mohon doanya semoga mendapat dukungan anggaran dana keistimewaan untuk pembangunannya," katanya.

Baca juga: Wisatawan masih padati objek wisata pantai selatan Sukabumi Jawa Barat

Baca juga: Forkopimda Lumajang minta petugas siaga di wisata pantai selatan

Pewarta: Sutarmi
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023