Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Malaysia U-22 pesta gol ke gawang timnas Laos U-22 dengan skor 5-1 dalam ajang SEA Games 2023 Kamboja di Stadion Visakha, Phnom Penh, Rabu malam WIB.

Gol kemenangan Harimau Malaya, julukan Malaysia, dicetak oleh Muhammad Ubaidullah Shamsul, Anantaza Siphongphan (OG/bunuh diri), Muhammad Syahir, Muhammad Najmuddin, dan Sonexay Phantaxhay (OG). Sedangkan satu gol Laos terlahir dari gol bunuh diri pencetak gol pertama Malaysia, Ubaidillah Shamsul (OG), demikian catatan SEA Games 2023.

Kemenangan telak itu membuat Malaysia naik ke posisi kedua, menggeser Thailand dengan poin yang sama, tetapi kalah selisih gol.

Sementara itu, kekalahan itu menjadi kekalahan kedua Laos di babak penyisihan grup SEA Games 2023 dan membuat mereka sementara menghuni juru kunci klasemen.

Pada babak pertama, Malaysia langsung mencetak gol di menit-menit awal, tepatnya pada menit keempat dimana Ubaidullah Shamsul berhasil mencetak gol dengan memanfaatkan bola rebound.

Laos tak tinggal diam. Melalui sepakan Chony Wenpaserth pada menit ke-18, mereka mendapat peluang emas, tapi masih dapat digagalkan kiper Malaysia Sikh Izhan.

Dua menit berselang setelah peluang Laos, gawang tim Harimau Malaya jebol melalui bunuh diri Ubaidullah Shamsul, sehingga membuat skor imbang 1-1.

Pada menit ke-28, giliran Laos yang melakukan gol bunuh diri karena Anantaza Siphongphan yang salah mengantisipasi umpan silang pemain Malaysia malah membuat bola masuk ke gawangnya sendiri. Malaysia berbalik unggul dengan skor 2-1.

Baca juga: Indonesia incar kemenangan atas Myanmar untuk muluskan jalan di Grup A

Memasuki babak kedua, kedua tim terlihat saling bertukar serangan. Malaysia mempunyai peluang di menit ke-64 melalui sundulan Aliff Izwan, tapi usahanya itu masih diamankan oleh kiper Laos Solasak Thilavong.

Gol tambahan Malaysia akhirnya hadir di menit ke-75. Berawal dari umpan Tierney, Muhammad Syahir berhasil menuntaskan umpan tersebut menjadi gol. Skor berubah menjadi 3-1.

Lima menit kemudian, anak-anak asuh Elavarasan hampir kembali menggandakan skor. Namun, tendangan Tierney masih digagalkan tiang gawang.

Malaysia kemudian menambah gol pada menit-menit tambahan. Muhammad Najmuddin yang memanfaatkan bola rebound berhasil membuat skor berubah menjadi 4-1 untuk keunggulan timnas negaranya.

Nasib tidak baik dialami Laos. Pasalnya, setelah kemasukan gol keempat, mereka kembali kemasukan satu gol tambahan melalui gol bunuh diri pemainnya sendiri, Sonexay Phantaxhay.

Hasil pertandingan matchday kedua sepak bola SEA Games 2023:

Grup A, Selasa (2/5)

Myanmar 1-0 Timor Leste

Filipina 1-1 Kamboja.


Grup B, Rabu (3/5)

Singapura 1-3 Vietnam

Malaysia 5-1 Laos.

Baca juga: Timnas Indonesia dipastikan dalam kondisi terbaik saat hadapi Myanmar
 

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023