... Brennan memiliki kepercayaan penuh dan keyakinan dari presiden... "
Washington (ANTARA News) - Langley di Virginia akan memiliki boss baru, setelah Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, Senin, akan menominasikan penasihat kontraterorisme Gedung Putih, John Brennan, ke sana.

"Brennan memiliki kepercayaan penuh dan keyakinan dari presiden," kata pejabat itu, yang berbicara dalam kondisi anonim kepada AFP. "Selama empat tahun terakhir, Brennan telah terlibat dalam hampir semua masalah keamanan utama nasional dan akan mampu memimpin CIA."

Nominasi itu terjadi pascasejumlah perubahan oleh Obama dalam tim kebijakan luar negeri dan keamanan. Bulan lalu, Obama memilih Senator John Kerry menggantikan Hillary Clinton sebagai menteri luar negeri.

Pejabat itu juga telah menegaskan, Obama pada Senin juga akan menunjuk mantan Senator Chuck Hagel sebagai menteri pertahanan baru menggantikan Leon Panetta.

Pejabat itu mengatakan Brennan, 57, dipilih karena "pengabdian dan catatan karirnya yang luar biasa," termasuk beberapa dasawrasa bertugas di badan intelijen AS dan akan mampu menjadi seorang direktur yang luar biasa dari CIA.

"Sejak peristiwa 9/11, ia telah berada di garis depan dalam perang melawan Al-Qaeda," kata pejabat itu.

"Selama empat tahun terakhir, ia telah terlibat dalam hampir semua permasalahan keamanan nasional utama, dan akan dapat memimpin CIA."

Brennan, jika resmi ditunjuk, akan mengambil alih kepemimpinan badan intelijen itu setelah pengunduran diri Jenderal (Purnawirawan) David Petraeus menyusul skandal seks.

(G003/Z002)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013