harus menunggu progres masuknya investor
Depok (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat (Jabar) belum bisa memastikan pengoperasian Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut Nambo di Kabupaten Bogor tahun ini secara menyeluruh.

"Yang jelas kami sedang mencari investor karena yang beberapa sebelumnya wanprestasi. Saya harus menunggu progres masuknya investor," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jabar Prima Mayaningtyas saat dihubungi di Depok, Kamis.

Meski begitu Prima Mayaningtyas menegaskan tetap mengusahakan TPPAS Lulut Nambo segera dioperasikan sebab ada Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Rp60 miliar dari dana APBD Provinsi Jawa Barat di mana dana tersebut untuk pembangunan konstruksi TPPAS Lulut Nambo.

"PMDN Rp60 miliar itu hanya untuk konstruksi dengan kapasitas 50 ton per hari, untuk keberlanjutan kita sedang mencari investor," ungkapnya.

 
Baca juga: Pembuangan sampah Depok ke TPPAS Nambo belum bisa terlaksana
Baca juga: Bahana TCW dukung proyek pembangunan TPPAS Regional Lulut Nambo


Ia menambahkan jumlah wilayah yang membuang sampah ke TPPAS Lulut Nambo ada empat wilayah antara lain Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, dan Kota Tangerang Selatan.

"(Ada empat wilayah) untuk kapasitas operasi bisa menampung 1.800-2.300 ton per hari," tuturnya.

Prima Mayaningtyas menuturkan luas lahan TPPAS Lulut Nambo sebesar 55 hektare. Untuk hasil pengolahan sampah di TPPAS yaitu Refuse Derived Fuel (RDF) dan pengomposan.

"Model kerja sama antara Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) TPPAS Lulut Nambo yaitu sistem Build Operate Transfer (BOT) dengan jangka waktu kerja sama selama 25 tahun," pungkasnya.

Sebelumnya, anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat Hasbullah Rahmad optimistis Kota Depok bisa membuang sampah ke Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut Nambo.

"Lulut Nambo tahun 2023 bisa operasional. Optimis mulai buang (sampah) tahun ini," katanya.

Baca juga: TPPAS Nambo siap kelola 40 persen sampah Bogor Raya-Tangerang
Baca juga: Pemkot Depok kantongi izin buang sampah ke TPPAS Lulut-Nambo Bogor


Hasbullah Rahmad yang duduk di Badan Anggaran (Banggar) DPRD Jawa Barat  mengatakan pihaknya telah mengusulkan dana untuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sebesar Rp60 miliar yang mengelola TPPAS Lulut Nambo.

"Terpenting jalan dulu mesinnya untuk operasional (mengelola sampah). Sudah dipasang (mesinnya) namun belum bisa besar volumenya, belum sesuai target awal," tuturnya.

Pria yang akrab disapa Bang Has ini terus mendorong percepatan pembuangan sampah untuk meringankan beban Pemerintah Kota Depok dalam penanganan sampah

Kondisi terkini TPA Cipayung di Depok sudah melebihi kapasitas dan dinilai akan berdampak pada lingkungan sekitar.

"Saya dewan dari Depok berupaya memaksimalkan percepatan pembuangan sampah ke Nambo. Saya khawatir longsor dan banjir karena (TPA Cipayung) dekat kali," ungkapnya.

Ia menjelaskan operasional TPPAS Lulut Nambo membutuhkan investasi yang sangat besar.

Terkait kuota Kota Depok membuang sampah ke TPPAS Lulut Nambo mengatakan, untuk awal dapat kuota 50 ton per hari.

Baca juga: DPRD Jabar sosialisasikan TPPAS Nambo ke relawan bank sampah
Baca juga: TPPAS Lulut Nambo Bogor ubah sampah jadi bahan bakar
Baca juga: Jabar gandeng investor Jerman untuk lanjutkan pembangunan TPPAS Nambo


Pewarta: Feru Lantara
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023