Saya yakin dan percaya, dengan penyempurnaan ini akan lebih membantu masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menyosialisasikan kepada warga kepulauan  sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2023/2024.

"Saya tekankan kembali seluruh OPD dari tingkat kabupaten, kecamatan, bahkan kelurahan untuk menggencarkan sosialisasi ini kepada warga. Sebab, prinsipnya PPDB harus objektif, transparan, akuntabel, dan berpihak kepada anak," kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra) Kabupaten Kepulauan Seribu Alawi di Jakarta, Kamis.

Alawi menambahkan, sosialisasi ini sangat penting dilakukan agar masyarakat benar-benar bisa mengetahui terkait kebijakan pemerintah daerah.

Pelaksanaan PPDB tahun ini lebih disempurnakan dengan terbitnya Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 21 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 32 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru.

"Saya yakin dan percaya, dengan penyempurnaan ini akan lebih membantu masyarakat. Sehingga nantinya masyarakat yang memiliki anak hendak masuk sekolah benar-benar bisa terakomodir seluruhnya," tutur Alawi.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Seribu Taga menjelaskan, jalur PPBD ini sama seperti sebelumnya ada empat, yakni jalur prestasi, afirmasi, zonasi dan jalur perpindahan tugas orang tua dan anak guru.

“Terkait penerimaan CPDB dan daya tampung sekolah di Kepulauan Seribu diperkirakan untuk jenjang SD sejumlah 628 daya tampung, kemudian jenjang SMP sejumlah 497 dari total daya tampung sebanyak 612 dan SMA/SMK sejumlah 476 dari 532 total daya tampung,” jelasnya.

Taga berharap dengan sosialisasi PPDB ini seluruh komponen di kabupaten dapat membantu masyarakat cepat memahami dan menyesuaikan dengan sistem PPDB tahun ini. Sehingga tidak ada lagi warga yang telat informasi maupun persyaratan lainnya.
Baca juga: Heru beri penghargaan kepada tiga tenaga pendidikan Kepulauan Seribu
Baca juga: Kemenhub pantau aspek keselamatan pelayaran di Pelabuhan Kali Adem
Baca juga: Gunakan Teras Kapal di Momen Ramadan, BRI Layani Penukaran Uang di Kepulauan Seribu

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023