Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) tahun 2023 segera membangun fasilitas pabrik produksi ikan tuna kaleng untuk mendukung program pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal orang asli Papua.

"Disperindag Biak sudah menyiapkan desain perencanaan konstruksi pembangunan pabrik ikan tuna kaleng dan tahun ini dibangun," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Biak Numfor Yubelius Usior menanggapi ANTARA di Biak, Jumat.

Kadis Usior mengatakan, fisik bangunan pabrik pembuatan produksi ikan tuna kaleng yang dibangun ditargetkan dapat selesai pada tahun 2023.

Keberadaan pabrik produksi ikan tuna kaleng di Biak, menurut Kadis Disperindag Yubelius Usior, sangat strategis mengingat daerah ini sangat potensial memiliki bahan baku ikan tuna kaleng.

"Pemkab Biak Numfor berharap ketika pabrik produksi ikan tuna kaleng sudah beroperasi akan menjadi salah satu cindera mata asal Biak," katanya m

Ia mengakui, sesuai kebijakan program Pemkab Biak Numfor kegiatan Sail Teluk Cenderawasih berlangsung pada 1-5 November 2023.

"Diharapkan produksi ikan tuna kaleng sudah menjadi ikon daerah Biak Numfor," harap Kepala Disperindag Yubelius Usior.

Diakuinya, untuk mempersiapkan bangunan dan penyiapan peralatan serta kesiapan produksi pihak Disperindag Biak sesuai perintah Bupati Herry Ario Naap Kadisperindag untuk melakukan kunjungan ke Yogyakarta guna melihat cara pelaku UMKM memproduksi ikan tuna kaleng.

Dengan kunjungan Disperindag ke Yogyakarta, lanjut Usior, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan para pelaku UMKM orang asli Papua.

"Juga menjadi bekal ketrampilan mengolah ikan tuna kaleng,"sebut Kadisperindag Usior.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023