Fasilitas mesin produk kemasan sedang dipasang teknisi. Ya, kami targetkan dalam dua atau tiga minggu ke depan rumah kemasan ini sudah bisa melayani pelaku UMKM
Biak (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Biak Numfor, Papua menyiapkan rumah kemasan untuk membantu pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) meningkatkan kualitas produk menjelang Sail Teluk Cenderawasih (STC) pada 24 November 2023.

"Fasilitas mesin produk kemasan sedang dipasang teknisi. Ya, kami targetkan dalam dua atau tiga minggu ke depan rumah kemasan ini sudah bisa melayani pelaku UMKM," ujar Kepala Disperindag Biak Numfor Yubelius Usior di Biak, Senin.

Disebutkan Usior, fungsi rumah kemasan yang dibangun di Biak bertujuan meningkatkan kualitas pembuatan kemasan dan desain produk. Sedangkan fungsi lain rumah kemasan untuk meningkatkan tampilan produk melalui packaging, identitas merek, labelling hingga trend kemasan produk UMKM.

Ketika disinggung tujuan desain rumah kemasan di Biak, menurut Kadispetindag Usior, tujuan dari desain kemasan produk tidak untuk membuat suatu produk UMKM menjadi menarik. Biasanya konsumen melihat dari bentuk kemasannya terlebih dahulu jika menarik baru membeli.

"Ya bagaimana tampilannya produk benar-benar bagus sehingga menjadi perhatian konsumen untuk melihat dan membeli," sebut Usior.
Dia berharap, hadirnya rumah kemasan Biak juga dapat berfungsi memberiksn infomasi pasar, fasilitasi akses pasar termasuk ekspor, promosi dan jaringan pemasaran.

"Kami juga menyiapkan pendampingan, sumber daya manusia (SDM) berupa pelatihan atau pendampingan, akses magang, kerja sama pendampingan dengan swasta," katanya.

Baca juga: Disperindag Biak menyediakan lapak khusus pemasaran produk UMKM di STC

Dikatakannya, manfaat rumah kemasan juga memberikan layanan kelembagaan, salah satunya badan usaha koperasi.

Berdasarkan data di Kabupaten Biak Numfor terdapat kurang lebih 5.500 pelaku UMKM yang menjalankan usaha bisnis dengan berbagai produk usaha sepeti kue kering, satu, abon ikan, ikan asap, ikan asar, keripik keladi dan pisang, aneka kue, ekstra jahe merah.

Sedangkan untuk industri rumah memproduksi kerajinan rumah tangga seperti topi mahkota pria, hiasan Kepala perempuan Asis, tas noken/inakson, tikar,, alat musik tifa dan patung karwar.

Baca juga: Disperindag: 120 produk UMKM Biak sudah bersertifikat halal

Baca juga: Pelaku UMKM Biak siapkan produk usaha untuk dijual pada STC 2023

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023