Dengan adanya rumah kemasan bagi UMKM bisa meningkatkan kualitas hasil produksi pelaku usaha di Biak Numfor
Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menyiapkan fasilitas rumah kemasan hasil produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah setempat.

"Dengan adanya rumah kemasan bagi UMKM bisa meningkatkan kualitas hasil produksi pelaku usaha di Biak Numfor," ujar Kepala Disperindag Biak Numfor Yubelius Usior di Biak, Minggu.

Ia mengatakan, rumah kemasan yang disediakan Pemkab Biak Numfor sebagai inovasi untuk membantu pelaku UMKM mendesain produk usaha.

"Rumah kemasan produk UMKM supaya lebih menarik dan dapat meningkatkan harga jual perekonomian pelaku usaha," katanya.

Diakuinya, untuk rumah kemasan Biak pihaknya telah melengkapi dengan peralatan mesin serta tenaga ahli mendesain produk UMKM.

Produk kemasan, menurut Usior, sebuah wadah tempat produk atau dikatakan sebagai pembungkus.

"Adanya kemasan produk akan membuat pembeli tertarik karena pertama kali dilihatnya adalah dari kemasan," sebut Kadisperindag Usior.

Untuk jenis kemasan, lanjut dia, sangat beragam seperti botol, kotak, kantong dan jenis lain tergantung jenis produk yang dikemas dan strategi pemasarannya.

Sedangkan untuk jenis kemasan produk, lanjut dia, seperti kemasan primer, kemasan sekunder dan kemasan tersier.

Untuk persyaratan kemasan produk, lanjut Usior, di antaranya tak ada toksin, biaya rendah, harus cocok dengan bahan yang dikemas, kemudahan pembuangan.

"Serta harus terjamin sanitasi dan syarat kesehatan, kemudahan keamanan saat mengeluarkan isinya. Dan ukuran,berat hingga bentuk harus sama," katanya.

Dia berharap pelaku UMKM orang asli Papua dapat memanfaatkan fasilitas rumah kemasan yang disediakan Pemkab Biak Numfor.

Berdasarkan jumlah pelaku UMKM di Biak Numfor mencapai 5.500 usaha dengan berbagai jenis produk ikan asap julung, sambal, abon ikan, keripik singkong,keladi dan keripik rumput laut, keripik pisang, sagu dan aneka kue kering.

Baca juga: KemenKopUKM: Rumah Kemasan tingkatkan kualitas kemasan produk UMKM

Baca juga: Disperindag Biak siapkan rumah kemasan produk UMKM

Baca juga: Biak berikan pendampingan kemasan produk UMKM OAP

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023