Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Setya Utama berharap KTT ASEAN di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, dapat berjalan sukses, baik secara substansial maupun penyelenggaraannya.

"Ini membutuhkan kerja sama dari kita semua supaya sukses dari KTT ini kita dapatkan," kata Setya dalam Dialog FMB9 Kesiapan KTT ASEAN 2023 yang diikuti secara virtual di Jakarta, Jumat.

Adapun sukses secara substansi, kata Setya, merupakan kesuksesan yang dilihat dari hasil pertemuan para delegasi dan pemimpin ASEAN dalam KTT yang agenda puncaknya akan berlangsung pada tanggal 10 dan 11 Mei mendatang.

"Yang pertama ada sukses substansi, KTT ini harus menghasilkan sesuatu bagi seluruh bangsa Indonesia," kata dia.

Sementara itu, sukses secara penyelenggaraan dinilai dari respons peserta KTT terhadap segala suguhan dan jamuan yang diberikan. Setya berharap semua delegasi KTT ASEAN 2023 bisa merasa puas selama berada di Indonesia.

"Yang kedua adalah sukses penyelenggaraan dan akuntabilitas. Jadi, penyelenggaraannya harus bagus, tamu-tamu harus puas dengan segala fasilitas yang kita berikan, dengan hiburan nanti pada saat (welcoming) dinner, dan lain-lain," ujarnya.

Setya mengatakan bahwa panitia kian menggenjot persiapan KTT ASEAN hingga ke bagian atau hal-hal detail. Menurut dia, makin detail persiapan maka hasilnya akan makin bagus.

"Kami sudah cermati lagi bagaimana lift di sana apakah sudah siap dan kuat tidak ada masalah. Selanjutnya sampah, masalah suara, dan lain-lain. Sampai detail semuanya," kata Setya.

Ia menilai persiapan KTT ASEAN 2023 sudah mencapai 90 persen. Adapun persiapan 10 persen lainnya akan akan dilakukan mendekati agenda puncak KTT ASEAN.

"Persiapan yang 10 persennya lagi adalah persiapan-persiapan yang memang harus disiapkan H-1. Misalnya, bunga basah, kemudian pengaturan meja dan kursi. Itu bisa dilakukan H-1 karena pada hari sebelumnya venue masih digunakan untuk acara-acara yang lain," ujarnya.

Rangkaian KTT ASEAN 2023, lanjut dia, mulai 6 hingga 11 Mei 2023. Seluruh rangkaian acara nantinya akan ditutup dengan press briefing oleh Presiden RI Joko Widodo di Hotel Bintang Flores.

"Seluruh acara akan ditutup dengan press briefing oleh Bapak Presiden. Bapak Presiden akan menuju Hotel Bintang Flores dan di sana akan memberikan briefing kepada seluruh media yang hadir," jelas dia.

Baca juga: Persiapan KTT ASEAN di Labuan Bajo sudah mencapai 90 persen
Baca juga: Polri gelar Operasi Komodo 2023 amankan KTT ASEAN Labuan Bajo

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023