Penyebaran penyakit DBD tidak mengenal waktu dan tempat, masyarakat diminta untuk memperhatikan langkah pencegahan dengan menjaga kebersihan,"
Bone Bolango, Gorontalo (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango (Bonbol), Gorontalo, mencanangkan program "Jumat Bersih", guna mengantisipasi penyebaran penyakit Deman Berdarah Dengue (DBD).

"Penyebaran penyakit DBD tidak mengenal waktu dan tempat, masyarakat diminta untuk memperhatikan langkah pencegahan dengan menjaga kebersihan," Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango, Rusli Katili, Rabu.

Kegiatan Jumat Bersih akan menjadi bagian penting bagi pencegahan demam berdarah dan bisa dimulai dengan hidup bersih, seperti menguburkan kaleng bekas, mengurus bak penampungan air atau menabur bubuk abate.

"Kalau ini dilakukan oleh masyarakat secara rutin, maka demam berdarah akan bisa dicegah," kata Rusli.

Apalagi dengan dengan musim hujan yang tak kunjung usai sejak akhir tahun 2012 kemarin, memiliki dampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan.

Kemudian ada lagi potensi bencana alam, seperti banjir dan longsor yang sering terjadi di daerah itu, turut mempengaruhi dampak lingkungan.

(KR-MTO/H013)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013