Selain peserta dari Kota Medan, `event` otomotif yang digelar untuk mempromosikan objek wisata di Kota Medan dan Sumatera Utara ini juga akan diikuti crosser dari sejumlah daerah di Indonesia, termasuk dua crosser dari Australia dan Malaysia,"
Medan (ANTARA News)-  Sebanyak 500 kroser akan ikut ambil bagian dalam Visit Medan Trail Adventure (VMTA) 2013 menempuh rute Medan- Bukit Lawang yang dijadwalkan berlangsung pada 12-13 Januari mendatang.

"Selain peserta dari Kota Medan, `event` otomotif yang digelar untuk mempromosikan objek wisata di Kota Medan dan Sumatera Utara ini juga akan diikuti crosser dari sejumlah daerah di Indonesia, termasuk dua crosser dari Australia dan Malaysia," kata Ketua VMTA 2013, Fariz H Hutagalung saat rapat terakhir persiapan VMTA 2013 di pendopo rumah dinas Wali Kota Medan, Rabu.

Menurut Fariz, Wali Kota Medan Rahudman Harahap beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Tingkat Sumatera Utara dan Kota Medan juga direncanakan ikut dalam kegiatan petualangan tersebut.

Dijelaskannya, jumlah peserta yang telah menyatakan ikut dan mendaftarkan diri dalam kegiatan ini sebanyak 245 dari luar Kota Medan. Dengan perincian DKI Jakarta sebanyak 20 peserta, Jawa Barat, (25 orang), Yogyakarta (16), Klaten (14), Jember (8), Ngawi (12), Solo (10), Bali (5), Ponorogo (122), Semarang (20), Indramayu (8), Kalimantan (5) dan Sumbar (12), Riau (12), Lampung (11), Aceh (22), Surabaya (15), Malang (12), Sragen (10), Kudus (6), Batu (14) dan Kendal (10 orang).

Sementara lokal tercatat utusan Langkat sebanyak 21 orang, Labuhan Batu Selatan (18), Labuhan Batu Utara (12), Binjai (13), Padang Sidempuan (8 orang), Tebing Tinggi (5 orang), Pematang Siantar (10), dan Asahan sembilan orang.

"Untuk peserta dari Kota Medan, 111 crosser sudah mendaftar dan diperkirakan jumlahnya akan bertambah lagi. Dari luar negeri, dua crosser dari Malaysia dan Australia juga telah mendaftar.

"Selain itu pejabat Pemko Medan dan unsur FKPD tingkat Sumut dan Kota Medan telah menyatakan kesediannya untuk mengikuti `event` ini," kata Fariz.

Selanjutnya dia mengungkapkan, rute VMTA 2013 akan melewati tiga wilayah pemerintahan daerah yang berbeda selain Kota Medan yakni Kabupaten Deli Serdang, Kota Binjai dan Kabupaten Langkat.

Sesuai jadwal, untuk hari pertama (12/1), start dari Lapangan Merdeka, Medan, sedangkan finish di Rindu Alam Resort Bukit Lawang, Kabupaten Langkat. Sedangkan hari kedua (13/1), start dimulai dari Alam Resort Bukit Lawang dan finish Lapangan Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata Medan.

Sementara itu Wali Kota Medan Rahudman Harahap mengaku, pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan VMTA 2013. Sebab, kegiatan ini salah satu upaya untuk mempromosikan Kota Medan beserta objek wisata yang dimilikinya, termasuk objek wisata di Sumatera Utara.

(KR-JRD/H-KWR)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013