"Saya berharap prestasi ini akan terus dipertahankan dan selalu membuat inovasi-inovasi terbaik untuk mendukung Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting,"
Ternate (ANTARA) - Kampung KB Fakatinyinga di Kelurahan Loto Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) berhasil lolos 10 besar tingkat nasional dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional ke XXX pada tanggal 29 Juni 2023.

BKKBN menyelenggarakan kegiatan Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas. Penguatan Kampung Berkualitas merupakan pembinaan yang dilakukan secara serentak sebagai upaya peningkatan klasifikasi Kampung Keluarga Berkualitas melalui mekanisme penilaian.

Salah satu Kampung KB di Malut yaitu Kampung KB Fakatinyinga, Kelurahan Loto Kecamatan Ternate Barat Kota Ternate masuk dalam 10 besar Kampung KB terbaik tingkat nasional, kata Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Malut, Renta Rego saat ditemui mendukung penuh Penguatan Kampung KB Fakatinyinga yang mewakili Provinsi Maluku Utara di tingkat nasional, Jumat.

Dirinya bangga dan mendukung penuh atas terpilihnya Kampung KB Fakatinyinga sebagai Kampung KB terbaik di tingkat Kabupaten/Kota bahkan di tingkat Provinsi Maluku Utara dan masuk nominasi 10 besar kampung KB tingkat Nasional ini.

"Saya berharap prestasi ini akan terus dipertahankan dan selalu membuat inovasi-inovasi terbaik untuk mendukung Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting," ujar Renta.

Dia menyebut, dari 30 provinsi yang telah mengirimkan pemenang tingkat provinsi. Di mana 9 posisi lain ditempati oleh Provinsi Bali, Banten, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Riau, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara.

Pelaksanaan Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas dilakukan serentak di 34 provinsi secara bertahap, dimulai dari seleksi tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional. Seluruh rangkaian kegiatan Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas tahun 2023 dilaksanakan mulai bulan Februari lalu sampai dengan bulan Mei 2023. Kampung Keluarga Berkualitas terbaik tingkat nasional akan diumumkan pada Acara Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional Tahun 2023.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan meliputi seleksi Kampung KB tingkat Kabupaten/Kota, seleksi Kampung KB tingkat Provinsi, seleksi Kampung KB tingkat Nasional terdiri dari seleksi berkas dan wawancara, verifikasi lapangan ke 6 kandidat kampung KB yang lolos tahap wawancara, dan yang terakhir pengumuman pemenang tingkat nasional pada acara Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional Tahun 2023.

Disebut sebut sebagai Kampung KB terbaik di tingkat Kabupaten/Kota bahkan di tingkat Provinsi Maluku Utara, Kampung KB Fakatinyinga ini telah melaksanakan berbagai program sebagai inovasi untuk memperluas cakupan penggarapan Program Bangga Kencana yang dapat diterima manfaatnya secara langsung oleh masyarakat.

Kampung KB Fakatinyinga telah membentuk kelompok kegiatan yang akan menjadi wadah dalam pelaksanaan kegiatan Pembangunan Keluarga seperti Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) serta Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R). Kelompok kegiatan tersebut juga aktif dalam menjalankan programnya.

Tidak hanya itu, penurunan angka Stunting di Kampung KB Fakatinyinga Kelurahan Loto yang signifikan dan capaian peserta KB yang bagus, baik itu dari sisa capaian peserta KB aktif maupun peserta KB baru membuat Kampung KB Fakatinyinga ini menjadi kampung KB terbaik.

Bahkan telah berlangsung tahap seleksi wawancara 10 besar Nominasi Kampung KB Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023 secara daring. Tim penilai seleksi wawancara ini adalah Nofrijal, S.P.,M.A dari BKKBN, Yunia Tiara Sina dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Destriana Faried, SE, MMPD dari Kementerian Dalam Negeri.

Pemenang Tingkat Nasional Kampung KB Tahun 2023 ini akan diberikan penghargaan secara langsung oleh Bapak Presiden RI pada acara puncak Hari Keluarga Nasional yang akan diselenggarakan di Provinsi Sumatera Selatan.
Baca juga: BKKBN sebut pengembangan Kampung KB sudah sesuai Inpres 3/2022
Baca juga: Ketika Kampung KB Sait Buttu sukses curi hati delegasi dunia
Baca juga: BKKBN: Pengembangan Kampung KB fokus bangun SDM sejahtera


 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023