Kolaborasi antara KB Bank dengan Korea Development Bank ini turut didukung oleh induk usaha KB Bank melalui jaminan berupa Standby Letter of Credit (SBLC) yang diterbitkan oleh KB Kookmin Bank Co., Ltd
Jakarta (ANTARA) - PT Bank KB Bukopin Tbk (Perseroan) atau KB Bank menandatangani fasilitas pinjaman jangka panjang senilai 300 juta dolar AS dari Korea Development Bank (KDB) saat memasuki kuartal kedua tahun 2024.

Wakil Direktur Utama KB Bank Robby Mondong mengatakan, fasilitas pinjaman jangka panjang dari Korea Development Bank akan semakin memperkuat pendanaan KB Bank sehingga mendukung upaya perseroan dalam melakukan ekspansi kredit, khususnya untuk segmen UMKM dan ritel yang menjadi fokus di tahun 2024.

"Kolaborasi antara KB Bank dengan Korea Development Bank ini turut didukung oleh induk usaha KB Bank melalui jaminan berupa Standby Letter of Credit (SBLC) yang diterbitkan oleh KB Kookmin Bank Co., Ltd," kata Robby dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Menurut perseroan, pada tahun ini KB Bank terus mendorong pertumbuhan bisnis dengan menjadikan segmen wholesale sebagai anchor serta memperluas ekosistem pada segmen UMKM dan ritel.

Pada tahun 2023, segmen wholesale tumbuh sebesar hampir 14 persen dengan pertumbuhan kredit baru pada segmen ini sekitar 18 persen yang turut didorong pertumbuhan pada Korean Link Business lebih dari dua kali lipat.

Perseroan menyampaikan, kolaborasi antara KB Bank dan Korea Development Bank mencerminkan konvergensi visi strategis dan komitmen bersama untuk memperkuat stabilitas keuangan dan pertumbuhan.

Perjanjian tersebut, menurut perseroan, tidak hanya memperkuat posisi keuangan KB Bank tetapi juga menegaskan kemitraan yang berkesinambungan antara kedua institusi dalam mendorong kemajuan ekonomi.

Sebagai informasi, Korea Development Bank merupakan pilar pembangunan ekonomi di Korea Selatan yang beroperasi di bawah pengawasan langsung Pemerintah Korea Selatan. Dengan mandat untuk menjaga solvabilitas institusi, Korea Development Bank telah meraih pengakuan internasional.

Adapun KB Bank sendiri, mayoritas komposisi kepemilikan saham dipegang oleh KB Kookmin Bank sebesar 66,88 persen. Posisi KB Kookmin Bank yang kuat di Korea Selatan diyakini dapat mendukung pengembangan KB Bank.

Dengan aset 396,70 miliar dolar AS per September 2023, KB Kookmin Bank menempati urutan pertama sebagai bank terbesar di Korea Selatan. Selain itu, KB Kookmin Bank memiliki basis pelanggan yang mencapai 70 persen populasi Korea Selatan serta memiliki peringkat kredit tertinggi di antara bank-bank Korea.

Baca juga: KB Bank ajak masyarakat rayakan Lebaran lewat kompetisi video
Baca juga: Bank KB Bukopin bidik kerja sama dengan entitas bisnis Korea Selatan

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024