Kami percaya dengan ikut aktif dalam pembiayaan berbasis ESG, dapat memberikan dorongan untuk mendukung transisi Indonesia menuju ekonomi berkelanjutan
Jakarta (ANTARA) - PT Bank KB Bukopin Tbk memberikan fasilitas kredit sebesar 20 juta dolar AS atau setara Rp309 miliar kepada PT Energi Makmur Buana (INVI), yang merupakan anak usaha PT Indika Energy.

Fasilitas kredit tersebut diberikan untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik komersial nasional, di antaranya pengadaan bus listrik untuk Trans Jakarta dan pembiayaan untuk pembangunan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

Penandatanganan surat persetujuan pemberian fasilitas kredit dilakukan oleh Kepala Divisi Bisnis Wholesale PT Bank KB Bukopin Feisel Martha bersama President Director PT Energi Makmur Buana Andreas Justiabel di Kantor Pusat Bank KB Bukopin, Senin (2/10/2023).

Perjanjian fasilitas antara Bank KB Bukopin dengan INVI tersebut memiliki jangka waktu hingga dua belas bulan sejak tanggal penandatanganan tersebut berlangsung.

Wakil Direktur Utama Bank KB Bukopin Robby Mondong dalam siaran pers di Jakarta, Selasa, mengatakan Bank KB Bukopin memiliki komitmen yang sama untuk mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

KB Bukopin percaya bahwa kemitraan dengan INVI merupakan langkah yang signifikan dan selaras dengan komitmen pemerintah untuk menciptakan green mobility dengan mengadopsi teknologi menuju netral karbon, katanya.

"Kami percaya dengan ikut aktif dalam pembiayaan berbasis ESG, dapat memberikan dorongan untuk mendukung transisi Indonesia menuju ekonomi berkelanjutan, mendorong inovasi teknologi dan menciptakan lapangan kerja baru di sektor ini," katanya.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya melihat pembiayaan hijau sendiri mempunyai potensi yang besar di Indonesia. Pembiayaan hijau berpotensi meningkat sejalan dengan tumbuhnya perekonomian secara umum, maupun ekosistem ekonomi hijau secara khusus.

Terlebih, pemerintah sebagai regulator memberikan dukungan penuh bagi perbankan untuk menyalurkan kredit hijau tersebut.

"Kami berharap kemitraan dengan PT Energi Makmur Buana dapat mengakselerasi pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia," katanya.

Komitmen Bank KB Bukopin untuk meningkatkan alokasi pembiayaan berkelanjutan sejalan dengan nilai-nilai KB Financial Group dan KB Kookmin Bank sebagai pemegang saham pengendali KB Bukopin, yang merupakan leader pembiayaan berbasis environment, social, and governance (ESG) di Korea Selatan, katanya.

Sementara itu, Direktur Utama INVI Andreas Justiabel mengatakan pihaknya berharap langkah ini dapat memberikan kontribusi positif kepada Indonesia, sekaligus turut berpartisipasi dan mendukung inisiatif Pemerintah Indonesia dalam mempercepat ekosistem kendaraan listrik Indonesia dan menghadirkan masa depan mobilitas kendaraan komersial lokal yang lebih ramah lingkungan.

"INVI mencerminkan semangat kami untuk menghadirkan masa depan mobilitas kendaraan komersial lokal yang lebih ramah lingkungan. Kami bertekad untuk menghadirkan produk melalui solusi yang inovatif dengan memahami kebutuhan konsumen Indonesia," katanya.

Baca juga: Bank KB Bukopin luncurkan "KBstar" penuhi layanan digital nasabah
Baca juga: Nasabah KB Bukopin bisa transaksi gratis di ATM Bersama dan ATM Prima
Baca juga: KB Bukopin gandeng PLN beri pelanggan PLN asuransi gratis 

Pewarta: Ahmad Buchori
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023