Jakarta (ANTARA) -
Beragam peristiwa hukum terjadi di Indonesia, Jumat (5/5), mulai dari Menkopolhukam Mahfud MD menyampaikan Satgas TPPU berkomitmen memberikan yang terbaik hingga Ditjen Imigrasi mengenalkan paspor elektronik lembar polikarbonat.
 
Berikut ini lima berita hukum menarik pilihan ANTARA.
 
Mahfud MD: Satgas TPPU berkomitmen berikan yang terbaik bagi negara
 
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan Satuan Tugas Tindak Pidana Pencucian Uang (Satgas TPPU) untuk menelusuri transaksi janggal senilai Rp349 triliun di Kementerian Keuangan siap bekerja melaksanakan tugas dan memberikan yang terbaik.
 
"Hari ini rapat hanya untuk memastikan bahwa satu, kami punya komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi negara, bagi tata pemerintahan, terutama di bidang pengelolaan keuangan dan pemberantasan korupsi, kata Mahfud MD dalam konferensi pers seperti dipantau di Jakarta, Jumat (5/5).
 
Selengkapnya baca di sini.
 
BNN sita aset senilai Rp15 miliar hasil TPPU bisnis narkotika di Bali

Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia menyita aset senilai Rp15 miliar hasil tindak pidana pencucian uang (TPPU) dari bisnis narkotika seorang mantan narapidana di Denpasar, Bali.
 
"BNN berhasil mengungkap tindak pidana (TPPU) yang dilakukan oleh narapidana kejahatan narkotika berinisial MW senilai Rp15 miliar di Provinsi Bali," kata Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Komisaris Jenderal Polisi Petrus Reinhard Golose saat jumpa pers di Denpasar, Bali, Jumat (5/5).
 
Selengkapnya baca di sini.
 
Polri: Protokol keamanan KTT ASEAN di Labuan Bajo berlaku 7-13 Mei
 
Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengimbau masyarakat mematuhi sejumlah aturan atau protokol keamanan yang berlaku di lokasi KTT ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, 7—13 Mei 2023.
 
Asisten Operasi (Asops) Kapolri Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi dalam siaran tertulisnya di Jakarta, Jumat (5/5), mengatakan bahwa protokol keamanan itu berlaku demi menjamin situasi aman dan tertib selama rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) berlangsung di Labuan Bajo.
 
Selengkapnya baca di sini.
 
Polri antisipasi serangan siber selama KTT ASEAN 2023
 
Polri bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) bekerja sama mengantisipasi terjadi serangan siber pada saat penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) 9-1 Mei.
 
Asisten Operasi Kapolri (Asops) Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendy dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 yang diikuti secara daring di Jakarta, Jumat (5/5), menyebut, Polri menyiapkan satuan tugas (satgas) khusus untuk mengantisipasi serangan siber yang kemungkinan terjadi.
 
Selengkapnya baca di sini.
 
Ditjen Imigrasi kenalkan paspor elektronik lembar polikarbonat
 
Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengenalkan paspor elektronik lembar polikarbonat karena masih ada masyarakat yang belum mengetahui hal tersebut.
 
Humas Ditjen Imigrasi Achmad Nur Saleh, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (5/5), menjelaskan bahwa paspor elektronik lembar polikarbonat berbeda dengan paspor biasa non-elektronik dan paspor elektronik lembar laminasi.
 
Selengkapnya baca di sini.

 
Baca juga: Polisi: David gunakan pelat dinas palsu sejak 2022
Baca juga: Panglima TNI ajak masyarakat kerja sama sukseskan KTT ASEAN

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2023