Jakarta (ANTARA) - Kegagalan mengeksekusi penalti yang dilakukan Muhammad Syahadat mewarnai hasil imbang 0-0 antara Laos dengan Singapura, pada pertandingan Grup B SEA Games 2023 yang dimainkan di Stadion Visakha, Phnom Penh, Sabtu malam WIB.

Hasil itu membuat Singapura tertahan di posisi keempat klasemen Grup B dengan koleksi satu poin, sedangkan Laos menghuni posisi juru kunci, juga dengan satu poin.

Laos menebar ancaman terlebih dahulu pada fase awal permainan, ketika Chony Wenpaserth melepaskan tembakan yang masih membentur pemain Singapura.

Setelah itu kedua tim gagal menciptakan peluang bersih. Beberapa kali para pemain Laos memang mampu menembus garis pertahanan Singapura, namun mereka tidak mampu benar-benar mengancam gawang Singapura. Babak pertama pun ditutup dengan skor kacamata.

Singapura sempat mendapat peluang bagus pada awal babak kedua, namun sepakan Ajay Robson masih melambung di atas mistar gawang.

Chony Wenpaserth mencoba mengambil inisiatif serangan untuk Laos. Upaya pertamanya dari tembakan jarak jauh masih belum tepat sasaran, tetapi pada percobaan berikutnya ia memiliki peluang yang lebih baik saat berhasil mengecoh pemain Singapura, sebelum bola sepakannya membentur tiang gawang Singapura.

Pada menit ke-64, wasit memberikan hadiah penalti kepada Singapura akibat pelanggaran yang dilakukan Phonsak Seevasath terhadap Nicky Melvin di kotak terlarang. Sayangnya eksekusi yang dilakukan Syahadat melayang ke atas gawang Laos.

Laos kemudian berbalik mendapatkan peluang bagus pada menit ke-81. Diawali dari upaya Anousone Xaypanya yang mengirimkan umpan tarik, Fathullah bin Rahmat berusaha membuang bola. Bola kemudian membentur tiang gawang Singapura dan tidak berbuah gol bunuh diri.

Menjelang pertandingan usai, Singapura memiliki peluang bagus untuk memecah kebuntuan. Sayangnya Nicky Melvin gagal menaklukkan kiper Solasak Thilavong meski sudah berhadapan satu lawan satu.

Baca juga: Thailand kalahkan Harimau Malaya di SEA Games 2023 dengan skor 2-0
Baca juga: Klasemen sepak bola SEA Games jelang Timnas Indonesia vs Timor Leste

 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023