Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik menjadi sorotan publik dalam sepekan terakhir (1–7 Mei 2023), mulai dari KPU RI buka pendaftaran bakal calon anggota legislatif sampai pertemuan Presiden RI Joko Widodo dan pimpinan partai politik pendukung pemerintah di Istana Merdeka.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik yang menjadi sorotan dan menarik untuk kembali dibaca.

1. KPU: Belum ada parpol serahkan daftar bakal calon DPR di hari pertama

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengatakan belum ada partai politik (parpol) peserta pemilu yang menyerahkan daftar bakal calon anggota DPR RI pada hari pertama pendaftaran di Jakarta, Senin.

"Hari ini, belum ada partai politik tingkat pusat yang menyerahkan daftar bakal calon anggota DPR RI kepada KPU RI," kata Anggota KPU RI Idham Holik kepada wartawan di Jakarta, Senin (1/5).

Selengkapnya baca di sini.

2. Presiden Jokowi bertemu para ketua umum parpol di Istana

Presiden RI Joko Widodo melakukan pertemuan dengan para ketua umum partai politik koalisi pemerintah di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa malam.

Bendahara Umum Partai Golkar Dito Ganinduto saat dihubungi ANTARA di Jakarta, membenarkan rencana pertemuan Presiden Jokowi dengan para ketua umum parpol itu.

Dito juga memastikan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengikuti pertemuan tersebut.

Selengkapnya baca di sini

3. Jokowi akui tak undang Nasdem pertemuan parpol koalisi

Presiden RI Joko Widodo mengakui bahwa dirinya memang tidak mengundang Partai Nasdem dalam pertemuan silaturahim partai-partai politik koalisi pengusung Pemerintah pada Selasa (2/5).

Menurut Jokowi hal itu dilakukannya karena Nasdem saat ini sudah memiliki gabungan koalisi sendiri untuk Pemilu 2024 yang berbeda dengan parpol-parpol yang kemarin hadir.

Selengkapnya baca di sini.

4. Wapres Ma'ruf imbau ketum parpol tak abaikan tugas sebagai menteri

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengimbau agar para ketua umum partai politik yang menjabat sebagai menteri dalam Kabinet Indonesia Maju tidak mengabaikan tugas masing-masing.

"Tentu yang kita harapkan karena dia (para ketua umum partai) adalah pejabat, sebaiknya jangan sampai kemudian tugasnya terabaikan, jangan sampai mengabaikan tugasnya," kata Wapres Ma'ruf Amin di Bengkulu, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

5. Golkar dan PKB bangun koalisi inti tindaklanjuti koalisi besar

Partai Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sepakat membangun koalisi inti sebagai bentuk tindak lanjut dari wacana pembentukan koalisi besar.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat melangsungkan pertemuan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di resto Plataran Senayan, Jakarta, Rabu siang.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023