Sydney (ANTARA News) - Petenis muda Australia Bernard Tomic mengambil langkah besar menuju kemenangan turnamen ATP yang pertama selama karirnya dengan menjungkalkan juara bertahan Jarkko Nieminen pada turnamen Sydney Internasional, Kamis.

Petenis berusia 20 tahun yang menempati peringkat 64 dunia itu bangkit dari kekalahan set pertama sebelum dapat menyingkirkan petenis Finlandia itu 6-7 (6/8), 6-4, 6-2 pada perempat final yang berlangsung malam.

Tomic akan menghadapi unggulan ketiga Andreas Seppi pada semifinal yang akan digelar Jumat setelah petenis Italia tersebut menyisihkan unggulan delapan asal Spanyol Marcel Granollers 6-4, 7-5, pada pertandingan terakhir perempat final.

Pencampaian terakhir Tomic di semfinal turnamen ATP sebelumnya berakhir dalam kekalahan ketika melawan Andy Murray pada Januari lalu di Brisbane.

Sebelumnya, petenis jangkung Kevin Anderson menjadi petenis Afrika Selatan pertama dalam sembilan tahun yang mencapai semifinal turnamen Sydney berkat kemenangan atas Denis Istomin.

Anderson yang menempati peringkat 36 itu menundukkan lawannya yang asal Uzbekistan itu 6-4, 6-3 dalam pertandingan selama 84 menit dan akan menghadapi finalis tahun lalu Julien Benneteau pada Prancis pada semifinal.

Sebelumnya petenis terakhir Afrika Selatan yang mencapai empat besar turnamen itu adalah Wayne Ferreira.

Sementara itu Benneteau, yang dikalahkan Nieminen pada final tahun lalu, terlihat terlalu tangguh bagi petenis kualifikasi asal Amerika Serikat Ryan Harrison dengan memenangi pertandingan itu 6-4, 6-2.
(I015/Z002) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013