Mengingat kondisi cuaca Kota Padang yang diguyur hujan sejak beberapa hari terakhir, maka BPBD Padang bersiaga untuk mengantisipasi berbagai potensi bencana yang mungkin terjadi
Padang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mewaspadai sejumlah potensi bencana hingga Minggu (7/5) malam mengingat tingginya curah hujan di kota setempat dalam beberapa hari terakhir.

"Mengingat kondisi cuaca Kota Padang yang diguyur hujan sejak beberapa hari terakhir, maka BPBD Padang bersiaga untuk mengantisipasi berbagai potensi bencana yang mungkin terjadi," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Padang Basril di Padang, Minggu.

Sejumlah potensi bencana tersebut antara lain banjir, tanah longsor, pohon tumbang, serta orang hanyut.

"Saat ini kami menyiagakan satu regu penuh ditambah personel di Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Padang untuk memberikan penanganan dan reaksi cepat," jelasnya.

Pihaknya juga menyiapkan personel cadangan untuk diturunkan jika sewaktu-waktu kondisi cuaca kian buruk, banyak bencana terjadi dalam waktu bersamaan, serta butuh evakuasi.

Basril menyebutkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat setidaknya sudah terjadi di kota setempat sejak Sabtu (6/5) hingga Minggu (7/5) pagi.

Baca juga: Cuaca ekstrem, 29 nagari di Padang Pariaman dilanda banjir dan longsor

"Sejak Sabtu kami telah menangani sejumlah bencana berupa orang hanyut serta pohon tumbang di sejumlah titik. Oleh karenanya kami bersiaga untuk langkah antisipasi," ujarnya.

Ia mengatakan untuk kejadian orang hanyut yang terjadi di dua lokasi korbannya sudah ditemukan, sedangkan pohon tumbang baru selesai ditangani pada Minggu sore.

BPBD Padang mengingatkan kepada warga agar berhati-hati saat hujan turun dengan intensitas lebat dalam waktu yang lama demi keselamatan.

"Kami imbau warga tidak beraktivitas di aliran sungai saat hujan lebat, bagi orang tua agar mengawasi anaknya masing-masing," ujarnya.

Basril juga mengimbau kepada warga masyarakat agar tidak berteduh atau parkir kendaraan di bawah pohon saat hujan terjadi, jika ada batang atau pepohonan yang sudah tua atau lapuk di sekitar pemukiman BPBD menyarankan agar dipotong.

"Untuk daerah yang rawan banjir dan longsor diminta waspada ketika hujan lebat turun lebih dari dua jam, selamatkan barang-barang serta benda berharga dari genangan air," jelasnya. 

Baca juga: Pengendara diimbau waspada longsor saat lewat Sicincin-Malalak Sumbar
Baca juga: BPBD Padang Pariaman catat 44 lokasi bencana

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023