Medan (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara bersama tim gabungan mendirikan dapur umum untuk membantu warga yang terdampak banjir di Desa Pintu Padang Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas.

Kepala Bidang Penanganan Darurat, Peralatan, dan Logistik BPBD Sumut Sri Wahyuni Pancasilawati, di Medan, Senin mengatakan banjir yang terjadi pada Sabtu 27 Januari 2024 telah dilakukan sejumlah penanganan antara lain mendirikan dapur umum.

"Tim gabungan mengevakuasi warga dan juga membuat jalur air agar cepat surut," ujar Sri Wahyuni Pancasilawati.

Selain itu, kata dia, pascabanjir yang merendam 20 rumah, tim gabungan turun langsung membantu untuk melakukan pembersihan material lumpur dari sisa banjir tersebut.

"Sebanyak 20 rumah terendam, empat rumah rusak, dan satu puskesmas juga mengalami kerusakan akibat banjir itu," kata dia.

Selain mendirikan dapur umum, dia melanjutkan, pemerintah setempat akan memberikan bantuan yang menjadi kebutuhan dasar bagi para korban banjir.

"Terkait bantuan, nanti rencana akan ada bantuan yg akan diberikan seperti logistik yang merupakan kebutuhan dasar akibat bencana," sebutnya.

Ia memastikan kondisi banjir di Desa Pintu Padang Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas saat ini sudah berangsur surut dan tetap dilakukan pengawasan.

"Tadi saya sudah telpon BPBD Padang Lawas, untuk banjirnya sudah mulai surut," ujarnya.

Baca juga: BPBD Jatim bersihkan material lumpur banjir di Pasuruan & Probolinggo

Baca juga: BPBD: Banjir luapan di Bireuen sudah surut, aktivitas kembali normal 

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024