Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik mewarnai pemberitaan nasional Minggu (7/5) kemarin, mulai dari Presiden Joko Widodo ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, hingga persoalan Myanmar akan dibahas dalam KTT ASEAN.

 

Berikut lima berita politik menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:

 

 

1. Jokowi tiba di Labuan Bajo

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana tiba di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu.

 

Pesawat kepresidenan yang membawa Jokowi dan Iriana beserta rombongan mendarat di Bandara Komodo Labuan Bajo pukul 15.32 Wita.

Selengkapnya di sini

 

2. Jokowi sebut persoalan Myanmar akan dibahas di KTT ke-42 ASEAN

Labuan Bajo (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyebut persoalan Myanmar akan dibahas secara khusus dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN/ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

 

"Secara khusus akan dibahas, tapi acuan kita tetap untuk Myanmar. Acuan kita tetap five point concensus, tetap jadi acuan tetapi harus dengan dialog, karena menurut saya sanksi itu bukan sebuah solusi," kata Jokowi di Bandara Komodo Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Minggu sore.

 

Selengkapnya di sini

 

3. Jokowi tekankan prinsip kolaborasi dan kerja sama pada KTT ASEAN 2023

Presiden RI Joko Widodo menekankan prinsip kolaborasi dan kerja sama dalam Keketuaan ASEAN 2023 yang akan digelar dua hari lagi pada Selasa (9/5) di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

 

"Prinsip Indonesia di Keketuaan ASEAN adalah kolaborasi dan kerja sama dengan siapa pun," kata Jokowi setibanya di Bandara Komodo Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Minggu sore.

Selengkapnya di sini

 

4. Mahfud MD: Cetak biru politik dan keamanan ASEAN prioritas APSC 2023

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyampaikan agenda utama pertemuan Dewan Politik dan Keamanan ASEAN (ASPC) Ke-26 pada 9 Mei 2023 membahas Cetak Biru Pilar Politik dan Keamanan ASEAN 2025.

 

Mahfud MD, sebagaimana dikutip dari siaran tertulisnya di Jakarta, Minggu, cetak biru itu menjadi panduan bagi anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) untuk meningkatkan kerja sama mewujudkan masyarakat ASEAN yang aman dan damai.

Selengkapnya di sini

 

5. Lemhanas siapkan kajian pertajam visi ASEAN 2045

Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI menyiapkan kajian yang bertujuan mempertajam Visi ASEAN 2045, kata Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto.

 

Gubernur Lemhannas, saat ditemui di sela-sela kegiatannya di Jakarta, Minggu, menjelaskan kajian itu membingkai keseluruhan skenario yang sejalan dengan Visi ASEAN 2045, yaitu mulai dari tingkat nasional Visi Indonesia 2045, kemudian di regional, dan global.

Selengkapnya di sini

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023