Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menerima berkas pendaftaran bakal calon anggota DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada Pemilu 2024.

Berdasarkan pantauan ANTARA di lokasi, tampak berkas diterima langsung Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dari Presiden PKS Ahmad Syaikhu di Ruang Sidang Utama, Lantai Dua, Kantor KPU RI, Jakarta, Senin.

"Terima kasih atas kehadiran Pimpinan Pusat PKS pada Senin, 8 Mei 2023, dalam rangka mendaftarkan bakal calon DPR kepada KPU. Ini (berkas pendaftaran bakal calon DPR dari PKS) akan kami proses. Langkah pertama adalah memeriksa apakah dokumennya sudah lengkap atau belum," ujar Hasyim usai menerima berkas pendaftaran bakal calon anggota DPR RI dari PKS itu.

Status mengenai kelengkapan dokumen itu, lanjut Hasyim, akan diberitahukan oleh KPU RI kepada PKS dalam berita acara yang diupayakan agar diberikan secara langsung tim KPU pada Senin.

Ia menyampaikan apabila berkas tersebut dinyatakan belum lengkap, PKS masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki hingga batas akhir pendaftaran pada Minggu (14/5), pukul 23.59 WIB.

Sebelumnya, dalam kesempatan yang sama, Ahmad Syaikhu menyampaikan ucapan terima kasih dari PKS atas penerimaan yang baik KPU.

Baca juga: KPU: Parpol upayakan tak daftarkan bakal calon DPR di hari terakhir
Baca juga: KPU: Penggunaan 2 panel buat waktu penghitungan suara lebih efisien


"Alhamdulillah, hari ini saya secara resmi menyerahkan berbagai berkas terkait dengan pendaftaran bakal calon anggota DPR untuk bisa diterima Pak Ketua KPU RI. Tentu kami sangat berterima kasih atas penerimaan yang sangat baik, penuh dengan keramahan, dan kekeluargaan," kata dia.

Ia berharap ke depan penyelenggaraan Pemilu 2024 dapat berjalan damai, jujur, adil, dan semua masyarakat Indonesia merasa senang terhadap hasil pemilu.

Sebelumnya, PKS diiringi karnaval budaya tiba di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin, untuk mendaftarkan bakal calon anggota DPR-nya. PKS tiba di Kantor KPU RI sekitar pukul 10.00 WIB dengan iringan karnaval budaya yang dipimpin langsung Ahmad Syaikhu didampingi Bendahara Umum PKS Mahfudz Abdurrahman dan Sekretaris Jenderal PKS Habib Aboe Bakar Al Habsy.

Sebelum memasuki Kantor KPU, Syaikhu dalam sambutannya di depan gedung yang didominasi berwarna putih dan hitam itu menyampaikan harapan agar pendaftaran bakal calon DPR menjadi semangat bagi PKS menyongsong Pemilu 2024.

"Mudah-mudahan ini menjadi penyemangat PKS menyongsong demokrasi 2024," kata dia.

Ke depannya, Syaikhu berharap PKS terus bekerja keras untuk kemudahan PKS menghadapi Pemilu 2024.

Selain para pimpinan dan sejumlah jajaran PKS, tampak beberapa masyarakat dari kalangan pemuda, petani, buruh, dan komunitas ojek online yang mengantar PKS ke Kantor KPU RI guna mendaftarkan calon anggota DPR-nya. Mereka berjalan kaki dari Taman Suropati menuju Kantor KPU RI sambil membawa bendera PKS dan dimeriahkan penampilan marching band.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023