Jakarta (ANTARA) - S&P Global Ratings, salah satu perusahaan penyedia pemeringkat dunia mengakuisisi 15 persen saham PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) per 8 Mei 2023.

Akuisisi saham tersebut mencetak pembelian sebesar Rp17,64 miliar.

Dengan jumlah tersebut, S&P Global Ratings menjadi pemegang saham ketiga terbesar setelah Bursa Efek Indonesia dan Dana Pensiun BI dengan jumlah kepemilikan sebanyak 17.647 lembar saham.

Managing Director Asia Pasific Head of Market Outreach S&P Global Ratings Ritesh Maheshwari mengatakan, dengan dijalinnya transaksi saham antara dua perusahaan tersebut, ia berharap S&P Global Ratings dapat memanfaatkan wawasan pasar lokal dalam melayani pelanggan maupun investor di Indonesia maupun Asia.

"PEFINDO telah menjadi mitra terpercaya kami di Indonesia, dan kami sangat antusias untuk mempererat hubungan melalui kepemilikan saham ini. Kami berharap dapat bekerja lebih dekat dengan PEFINDO dan memanfaatkan wawasan pasar lokal mereka ang dalam untuk melayani pelanggan dan investor kami dengan lebih baik di pasar Indonesia dan Asia," kata Ritesh di Jakarta, Senin.

Lebih lanjut, Ritesh menilai investasi tersebut dilakukan sebagai wujud komitmen S&P Global Ratings terhadap pasar modal Indonesia sebagai negara dengan perkembangan ekonomi terbesar di dunia, serta membantu memperkuat standar pemeringkatan kredit di Indonesia.

Direktur Utama PEFINDO Irmawati Amran mengatakan, pihaknya sangat antusias dalam mempererat kerjasama dengan salah satu perusahaan penyedia pemeringkat terbaik di dunia.

"Kami sangat antusias untuk memperkuat hubungan kami dengan S&P Global Ratings, dengan keahlian dan skala globalnya akan membantu PEFINDO memperluas layanan kepada stakeholders di pasar modal Indonesia yang terus berkembang dan meningkatkan capacity building sumber daya manusia PEFINDO," kata Irmawati.

Adapun kerjasama S&P Global Ratings dan PEFINDO telah terjalin sejak tahun 1996 melalui Perjanjian Dukungan Teknis dengan PEFINDO. Sejak saat itu, S&P Global Ratings dan PEFINDO stelah bekerjasama dalam mengadakan seminar dan pelatihan.

Baca juga: Pelindo raih peringkat AAA dari Pefindo
Baca juga: Askrindo raih peringkat stabil dari Pefindo
Baca juga: Fitch Ratings Naikkan Peringkat BRI Menjadi BBB dan AAA (idn) dengan Outlook Stabil

 

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023