Jakarta (ANTARA) - PT Elnusa Tbk (berkode saham ELSA) kembali masuk dalam posisi sebagai konstituen Indeks PEFINDO i-Grade dari hasil evaluasi PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) dan Bursa Efek Indonesia (BEI).

Berdasarkan hasil evaluasi PT PEFINDO dan BEI, saham ELSA dinilai layak masuk sebagai konstituen Indeks PEFINDO i-Grade periode Januari – Juni 2024.

Direktur Keuangan Elnusa Bachtiar Soeria Atmadja dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin, mengatakan terpilihnya kembali Elnusa sebagai konstituen indeks ini memberikan sinyal bahwa Elnusa mampu mempertahankan dan meningkatkan kinerja terbaiknya.

"Kami sangat yakin kinerja yang telah dicapai Elnusa hingga saat ini akan menjadi daya tarik bagi para investor pasar modal,” kata Bachtiar.

Indeks PEFINDO i-Grade merupakan salah satu indeks harga saham dengan kinerja terbaik di pasar modal Indonesia.

Sepanjang tahun 2023, Indeks PEFINDO i-Grade menduduki peringkat kedua sebagai indeks yang berkinerja terbaik, di antara indeks lainnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Selama 2023, Indeks PEFINDO i-Grade mampu mencatat pengembalian positif 14,86 persen year-to-date (YTD) hingga akhir Desember 2023, jauh mengungguli indeks saham acuan lainnya.

Sementara, sejak Backtesting pada 28 Desember 2012 hingga Desember 2023, Indeks PEFINDO i-Grade juga menunjukkan kinerja outperformed dibandingkan indeks acuan lainnya dengan membukukan pengembalian 134,63 persen, lebih tinggi dibandingkan dengan indeks acuan lainnya.

Di awal tahun 2024, Bachtiar menekankan pihaknya memiliki optimisme yang tinggi untuk mencatatkan kinerja positif yang lebih baik lagi di tahun ini.

"Dengan segala dinamika bisnis ke depan, Elnusa selalu siap untuk berkontribusi aktif dalam menjaga ketahanan energi sejalan dengan Visi Elnusa yaitu Perusahaan Jasa Energi Terkemuka yang Memberikan Solusi Total,” tutup Bachtiar.

Elnusa merupakan anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina. Perusahaan ini memiliki bisnis inti pada jasa hulu migas, jasa distribusi dan logistik energi dan jasa penunjang.

Baca juga: Elnusa menginvestasikan Rp200 miliar tambah armada mobil tangki BBM

Baca juga: Elnusa tambah aset kapal AWB offshore untuk genjot bisnis hulu migas

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024