Seoul (ANTARA News) - Dua ganda putri dari China dan Korea Selatan yang pernah terlibat skandal "bermain untuk kalah" dalam Olimpiade London akan saling berhadapan dalam semi final Korea Terbuka, Sabtu.

Ganda China Yu Yan dan Wang Xiaoli serta ganda Korea Selatan Jung Kyung-Eun dan Kim Ha-Na akan bertemu dalam pertandingan ulang dari pertemuan aneh Olimpiade, dimana mereka dicemooh setelah China kalah dua set langsung.

Pada keseluruhan, delapan pebulutangkis putri dar China, Korea Selatan dan Indonesia didiskualifikasi setelah sengaja mengalah demi mengamankan hasil imbang yang lebih menguntungkan untuk babak berikutnya.

Setelah mengalahkan Bao Yixin dan Tian Qing dari China 21-11, 21-18 di turnament Korea Terbuka Super Series, Jung mengatakan bahwa ia berharap untuk sekali lagi bertemu Yu dan Wang, yang sengaja mengalah WO.

"Di Olimpiade, kami tidak memainkan pertandingan yang tepat," katanya. "Besok, kita akan mencoba untuk mengalahkan mereka dengan keterampilan kita sendiri."

Di tunggal putra, pemain nomor 1 dunia asal Malaysia Lee Chong Wei mengalahkan pemain China Hu Yun, 21-15, 21-17, dan membawa pemain itu semakin dekat dengan gelar juara yang kedua kalinya secara berturut-turut di Korea Selatan.

Lee bisa lebih mulus meraih gelar juaranya itu setelah rival terkuatnya, Lin Dan dari China tidak lagi ikut serta. Lin Dan sudah tidak bermain lagi sejak dikalahkan Lee pada final Olimpiade musim panas di London, karena alasan kelelahan dan persiapan untuk pernikahannya pada bulan September.

Pada tahun lalu di turnamen Korea Terbuka, hanya kemenangan Lee di tunggal putra saja yang berhasil menahan sapu bersih China.

Di ganda putra, unggulan pertama Mathias Boe dan Carsten Mogensen dari Denmark mengalahkan duo Korea Selatan Kim Ki-Jung dan Kim Sa Rang-, 21-15, 21-10.

Di tunggal putri, unggulan ketiga Saina Nehwal dari India takluk oleh tunggal China Han Li 21-14, 15-21, 21-12.  (D011)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013