Jakarta (ANTARA) - Televisi dan platform streaming China tampaknya semakin terbuka untuk menayangkan konten-konten hiburan Korea termasuk drama setelah pembatasan budaya kedua negara selama bertahun-tahun.

Melalui akun resmi Weibo, TV Satelit Anhui pada Selasa (20/12) mengatakan bahwa drama Thailand dan Korea akan kembali dan meminta para pengikutnya untuk menuliskan daftar judul drama yang paling diminati, sebagaimana laporan Yonhap, Rabu.

Sebagai informasi, TV satelit nasional yang berbasis di Provinsi Hefei dan Anhui, China, itu adalah salah satu penyiar utama yang menayangkan drama Korea populer sebelum Beijing melarangnya pada tahun 2016 di tengah pertikaian diplomatik atas penyebaran sistem rudal Amerika di Seoul.

Baca juga: Lima rekomendasi tayangan baru di Viu bulan ini

Jaringan tersebut kini menambah daftar penyiar dan layanan streaming China yang merilis drama dan film Korea setelah Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol dan Presiden China Xi Jinping bertemu pada pertengahan November lalu.

Menurut kantor kepresidenan Korea Selatan, selama KTT yang berlangsung di Indonesia itu, Yoon menekankan pentingnya pertukaran budaya dan masyarakat kedua negara yang dinyatakan oleh Xi.

Pada bulan yang sama, Tencent Video mempersembahkan film karya sutradara Hong Sang-soo yang rilis pada 2018 berjudul "Hotel by the River". Film tersebut menjadi film Korea pertama yang didistribusikan di platform video China manapun sejak 2016.

Bulan ini, beberapa serial drama Korea populer termasuk "Wise Doctor Life", "Twenty-Five, Twenty-One", dan "Strong Girl Bong Soon", tersedia di platform video terkemuka China, iQIYI.

Baca juga: Junhoe iKON akan debut layar kaca lewat serial baru

Baca juga: Tiga alasan "The Forbidden Marriage" perlu ditonton

Baca juga: Suzy dan Yang Se-jong bakal adu akting di serial Netflix "Doona!"

Penerjemah: Suci Nurhaliza
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022