Menjelang penyelenggaraan KTT ASEAN, mohon diperhatikan kerapiannya.
Jakarta (ANTARA) - Ibu Negara RI Iriana Joko Widodo (Jokowi) didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meninjau kesiapan Puncak Waringin, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin, yang akan menjadi lokasi “Spouse Program” KTT ke-42 ASEAN.

Menurut keterangan tertulis Kementerian PUPR diterima di Jakarta, Senin, Puncak Waringin akan dimanfaatkan sebagai lokasi kegiatan untuk “Spouse Program”.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti dalam penjelasannya mengatakan pihaknya akan terus memperhatikan kerapian dan keasrian area Puncak Waringin untuk penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN.

“Menjelang penyelenggaraan KTT ASEAN, mohon diperhatikan kerapiannya. Kalau ada pohon yang tinggi sehingga menghalangi view, mohon di-trimming supaya lebih rapi,” kata Diana.

Adapun “Spouse Program” dalam perhelatan global biasanya diikuti oleh para istri dari kepala negara dan membahas isu-isu di luar agenda utama pertemuan.

Puncak Waringin telah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Oktober 2021 lalu.

Pembangunan Puncak Waringin dimaksudkan sebagai pusat kegiatan kreatif dan pusat suvenir yang mengusung kearifan lokal.

Pekerjaan Puncak Waringin meliputi pembangunan pusat suvenir, rumah tenun, amphitheater, ruang terbuka hijau dan area parkir.

Kawasan ini dibangun pada Agustus 2019-Maret 2021 oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR dengan anggaran sebesar Rp28,9 miliar.

Rangkaian KTT ke-42 ASEAN dijadwalkan akan berlangsung di Labuan Bajo, NTT pada 9 hingga 11 Mei 2023.

Pertemuan itu rencananya dihadiri sejumlah pemimpin negara ASEAN yang akan membahas isu-isu yang menjadi kepentingan bersama di bawah Keketuaan Indonesia yang mengangkat tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth".
Baca juga: Gubernur NTT dampingi Presiden cek Puncak Waringin untuk ASEAN Summit
Baca juga: Presiden Jokowi cek Puncak Waringin untuk ASEAN "Summit"


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023