... Okubo menikmati dan menghabiskan waktu dengan anak lelakinya, yang tinggal di panti jompo yang sama... "
Yokohama (ANTARA News) - Koto Obuto, seorang perempuan yang lahir pada 24 Desember 1897 baru saja meninggal. Dia perempuan tertua dari Jepang, sekaligus di dunia sampai saat dia meninggal dunia.

Obuto berasal dari Kawasaki, Jepang, dan meninggal pada usia 115 tahun. Saat dia meninggal dunia, dia bermukim di satu satu panti jompo di Kawasaki, Sabtu. Dia "mematahkan" rekor perempuan tertua dari Amerika Serikat, yang meninggal dunia pada usia 114 tahun.

Obuto, semasa hidupnya, menyaksikan dua perang dunia, perang laut Rusia-Jepang, sesaat setelah Restorasi Meiji, mengalami kepemimpinan empat kaisar Jepang, juga saat Thomas Alva Edison menemukan lampu pijar, dan banyak lagi peristiwa penting dunia.

Jangan lagi disebut saat astronot Neil Arsmstrong dan Edwin "Buzz" Aldrin menjejakkan kakinya di Bulan pada Juli 1969; Obuto hidup pada masa-masa itu.

Okubo menikmati dan menghabiskan waktu dengan anak lelakinya, yang tinggal di panti jompo yang sama, menurut pemerintah kota Kawasaki.

Para pejabat di kota ini tidak mengungkapkan penyebab kematian nenek tertua di dunia tersebut. Jepang hingga kini menjadi salah satu negara utama dunia dengan pupulasi orang tua terbanyak.

(H-AK)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013