...akrab dengan kontroversi...."
London (ANTARA News) - Manajer Manchester United Alex Ferguson merasa bingung dengan sikap penyerang Liverpool Luis Suarez yang kerap memancing kontroversi, menjelang pertemuan antara kedua tim di Liga Utama Inggris pada Minggu.

Sering dikritik melakukan diving, Suarez kembali mengisi judul surat kabar pada akhir pekan lalu ketika ia menyentuh bola dengan tangan sebelum mencetak gol kemenangan Liverpool saat mereka menang 2-1 atas tim non-liga Mansfield Town di Piala FA, lapor AFP.

Pemain Uruguay itu memiliki hubungan kurang baik dengan pasukan Ferguson, di mana ia sempat dikenai skorsing delapan pertandingan karena melakukan pelecehan rasial terhadap bek United Patrice Evra pada 2011, dan ia dipastikan mendapat sambutan `panas` dari para penonton di Old Trafford.

"Saya tidak melihat pertandingan di Mansfield, maka sulit untuk berkata apakah itu disengaja atau tidak," kata Ferguson.

"Tetapi saya pikir orang itu begitu akrab dengan kontroversi. Saya tidak tahu apakah ia menikmatinya atau tidak."

Manajer Liverpool Brendan Rodgers dengan cepat membela Suarez perihal insiden di mansfield, dan Ferguson mengakui bahwa dirinya akan melakukan hal serupa pada kondisi yang sama.

"Anda akan selalu mendukung pemain anda," ucapnya.

"Yang dilakukan Brendan Rodgers tidak mengejutkan. Saya sendiri melakukannya. Itu adalah bagian dari loyalitas anda dan perlindungan kepada pemain."

Untuk semua simpatinya terhadap cara Rodgers menangani Suarez, Ferguson mengatakan pelatih Liverpool itu akan menjadi sosok yang beruntung jika ia diberi waktu oleh pemilik klub John Henry untuk membangun ulang tim.

Liverpool menghadapi pertandingan Minggu dengan tertinggal 21 poin dari rival-rivalnya, mereka mengakhiri musim dengan menduduki peringkat ketujuh, keenam, dan kedelapan pada tiga musim terakhir, dan Ferguson mengatakan Rodgers memiliki pekerjaan besar untuk merestorasi Si Merah ke masa-masa kejayaan mereka.

"Kesabaran adalah komoditas nyata di sepak bola, dan jika Brendan mendapatkannya, maka ia sangat beruntung," tutur Ferguson.

"Bagus jika para pendukung Liverpool siap untuk bersabar, karena ini diperlukan untuk mencapainya, karena ada jalan panjang yang harus dilalui untuk kembali ke tempat di mana mereka biasanya berada."

"Sulit untuk menaksir tim Liverpool saat ini, terhadap tim-tim dari masa lalu."

"Mereka tidak pernah memenangi liga selama lebih dari 20 tahun. Itu adalah waktu yang lama untuk klub seperti Liverpool."

Ferguson juga mempertanyakan keputusan Rodgers untuk mendatangkan penyerang Daniel Sturridge dari Chelsea dengan biaya transfer sebesar 12 juta pound.

Sturridge pindah dari Stamford Bridge ke Anfield setelah gagal menembus tim inti Chelsea, dan Ferguson percaya transfer ini merupakan "perjudian."

"Isu besar untuk Liverpool adalah apakah mereka memasukkan rekrutan baru Daniel Sturridge," kata Ferguson kepada program hari pertandingan United, United Review.

"Tentu saja kedatangan Sturridge memberi Brendan Rodgers lebih banyak kekuatan dan pilihan di depan."

"Sturridge telah memperkuat beberapa klub, namun saya tidak menyalahkan dia untuk mengambil peluang bergabung dengan Liverpool karena ia tidak bermain reguler di Chelsea dan saya selalu menghargai pemain yang memiliki prioritas keinginan untuk bermain."

"Meski demikian, rekor dia dalam bentuk jumlah klub menyiratkan Brendan Rodgers melakukan sedikit perjudian, namun ia tentu saja tahu apa yang ia lakukan." (RF/D011)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013