Kami kawal, kami pastikan keselamatan, kelancaran, keamanan dari pada delegasi ini selama di perjalanan
Jakarta (ANTARA) -
Korlantas Polri memastikan kelancaran dan keselamatan para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mulai berdatangan hari ini, Selasa.
 
Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol. Aan Suhanan selaku petugas Satgas III Walrolakir (pengawalan, rute, patroli dan parkir) Operasi Komodo 2023 mengatakan segala persiapan pengawalan telah dilakukan, sebelum hari pelaksanaan juga telak dilakukan gladi pengawalan dan pembersihan rute.
 
"Kami kawal, kami pastikan keselamatan, kelancaran, keamanan dari pada delegasi ini selama di perjalanan," terang Aan dalam keterangannya.
 
Jenderal bintang satu itu menjelaskan pengamanan rute dan pengawalan para tamu VVIP dan delegasi KTT ASEAN 2023 dilaksanakan mulai dari bandara sampai dengan Meurorah, kemudian dari akomodasi masing-masing di Ayana, Sudamala ke Meurorah.

Baca juga: Mabes TNI AU siapkan tiga unit pesawat tempur amankan KTT ASEAN
 
Ada dua rekayasa, kata dia, yakni di Jalan Soekarno-Hatta dilaksanakan rekayasa buka-tutup, kemudian rekayasa di Jalan Sunu ke arah Puncak Waringin.
 
"Biasanya arus dari arah pertigaan BNI ke arah Puncak Waringin, itu kami ubah flow aliran arusnya dari Puncak Waringin mengarah ke pertigaan pos BNI," kata Aan menerangkan.
 
Selain memastikan kelancaran pengamanan pengawalan dan rute, ia juga memastikan pengawalan yang diberikan kepada para delegasi untuk keselamatan, kelancaran dan keamanan.
 
Adanya rekayasa lalu lintas selama rangkaian KTT ASEAN 2023 berlangsung, Aan mengimbau seluruh masyarakat Labuan Bajo, dan wisatawan untuk turut mendukung kegiatan KTT ke-42 ASEAN, sehingga kesan dunia kepada Labuan Bajo ini akan menarik.
 
Dengan kesan yang baik, kata dia, mendorong para tamu dan delegasi serta wisatawan mancanegara lainnya akan berkunjung ke Labuan Bajo kembali.
 
"Mari mengikuti aturan-aturan yang ada, arahan-arahan petugas. Kemudian rekayasa lalu lintas yang sudah kami tetapkan sehingga seluruh rangkaian acara KTT ke-42 ASEAN ini berjalan lancar dan masyarakat Labuan Bajo juga akan mendapatkan keuntungan dari perekonomian," kata Aan.

Baca juga: Bandara El Tari Kupang siapkan empat "parking stand" dukung KTT ASEAN

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023