Phnom Penh (ANTARA) - Tim bulu tangkis beregu putri Indonesia mewaspadai Filipina yang menjadi lawan berikutnya pada semifinal SEA Games XXXII/2023 Kamboja di Morodok Techo Badminton Hall, Phnom Penh Rabu (10/5).

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) Rionny Mainaky meminta seluruh pemain agar fokus dan tak memikirkan hal lain, termasuk soal kemenangan Filipina yang membuat kejutan mengalahkan Malaysia 3-0 pada laga sebelumnya.

"Kami tidak mau terlalu memikirkan apa yang dilakukan lawan, kami harus fokus saja pada diri masing-masing. Untuk besok karena persiapan sudah bagus, saya berharap para pemain bisa tampil dengan keyakinan dan kepercayaan diri yang tinggi. Saya rasa kami bisa mengatasi perlawanan tim Filipina," kata Rionny.

Skuad Merah Putih mengawali SEA Games 2023 pada hari ini mengalahkan tuan rumah Kamboja dengan skor telak 3-0.

Baca juga: Bulu tangkis beregu putri Indonesia ke semifinal usai libas Kamboja

Komang Ayu Cahya Dewi yang menjadi tunggal putri pertama membuka skor dengan mengalahkan Phon Chenda 21-4, 21-4.

Ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi menggandakan skor melalui kemenangan 21-15, 21-12 atas Chheng Huy/Seavty Teav. Lalu Ester Nurumi Tri Wardoyo akhirnya memastikan Indonesia usai mengalahkan Heang Leakhena 21-6, 21-8.

"Beregu putri hari ini menang 3-0 lawan Kamboja di pertandingan pertama. Saya melihat tunggal pertama, ganda pertama dan tunggal kedua bermain cukup bagus. Memang terlihat dari pemanasan juga bagus dan mereka tidak ragu-ragu. Saya harapkan besok tampil lebih bagus lagi," ucap Rionny.

Baca juga: Timnas bulu tangkis putra beregu SEA Games langsung lolos semifinal

Perhatian khusus juga diberikan Rionny kepada para pemain yang tidak sempat turun berlaga. Kakak dari Rexy Mainaky itu pun memberikan program latihan agar kondisi pemainnya tetap terjaga.

"Tadi memang ada beberapa pemain kami yang tidak sempat turun, jadi tadi mereka saya berikan program latihan sekitar satu jam untuk menjaga kondisi dan performanya stabil. Karena satu hari saja tidak latihan atau bertanding pasti berpengaruh," pungkas Rionny.

Baca juga: Timnas bulu tangkis turunkan atlet gabungan demi empat emas SEA Games

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023