Jakarta (ANTARA) - Berdasarkan hasil undian cabang bulu tangkis beregu SEA Games 2023 di Badminton Hall Morodok Techo, Phnom Penh, Kamboja, tim putra Indonesia mendapat keuntungan karena langsung lolos ke babak semifinal setelah mendapat bye pada putaran pertama.

Sementara itu, timnas beregu putri Indonesia yang menempati unggulan kedua di bawah Thailand akan bersua dengan tim tuan rumah pada babak pertama yang akan mulai dimainkan pada Senin (8/5).

"Undian kali ini cukup fair baik di beregu putra maupun beregu putri. Tapi tetap, semua harus waspada dan tidak boleh menganggap remeh lawan. Anggap kekuatan lawan semua kuat," kata Manajer Tim Eddy Prayitno dalam keterangan resmi PP PBSI di Jakarta, Minggu.

Sementara tim beregu putra yang menempati unggulan teratas tidak hanya otomatis lolos ke semifinal, namun sekaligus memastikan satu medali bagi kontingen Indonesia.

Baca juga: Perbedaan suhu jadi perhatian timnas bulu tangkis di SEA Games Kamboja

Walau mendapat undian yang lumayan ringan, Eddy mengingatkan untuk tetap waspada dan tidak menganggap remeh lawan.

Khususnya bagi tim putra, Eddy melihat dari dua sisi. Tapi ia yakin Chico Aura Dwi Wardoyo dan kawan-kawan mampu melewati tantangan dengan baik.

"Untuk tim putra satu sisi memang beruntung bisa langsung masuk semifinal dan mendapat medali. Tapi di sisi lain, mereka harus langsung fight di semifinal karena lawan levelnya pasti lebih kuat," kata Eddy.

Meski tim putra tidak sempat merasakan pertandingan pemanasan pada babak pertama, namun Eddy menjamin para anak didiknya tidak akan kesulitan beradaptasi karena sudah mencoba lapangan di arena pertandingan. Oleh sebab itu, ia yakin tim beregu putra bisa langsung tampil all out nanti.

"Saya harap semua pemain mampu mengeluarkan seluruh kemampuan, menikmati pertandingan dan meraih kemenangan," tutupnya.

Berikut hasil undian turnamen beregu bulu tangkis SEA Games 2023 Kamboja:

Beregu Putra:
Indonesia (1) vs bye
Singapura (3/4) vs Filipina
Kamboja vs Thailand (3/4)
Vietnam vs Malaysia (2)

Beregu Putri:
Thailand (1) vs bye
Singapura (3/4) vs Thailand
Filipina vs Malaysia (3/4)
Kamboja vs Indonesia (2)

Baca juga: Timnas bulu tangkis bertolak ke SEA Games Kamboja tanpa Shesar

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023