Labuan Bajo, NTT (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat bergabung dengan keluarga besar ASEAN kepada Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak ketika kedua pemimpin melakukan pertemuan bilateral di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Selasa.

Pertemuan bilateral dilakukan kedua pemimpin di sela-sela rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN yang berlangsung 9-11 Mei 2023.

"Selamat datang di Labuan Bajo, Perdana Menteri Taur Matan Ruak, dan selamat bergabung di keluarga besar ASEAN," kata Jokowi setelah kedua pemimpin melewati prosesi ramah tamah awal pertemuan bilateral di Hotel Meruorah, Labuan Bajo.

Ini bukan kali pertama Presiden Jokowi secara gamblang memperlihatkan dukungannya untuk keanggotaan penuh Timor Leste di dalam ASEAN.

Saat menerima kunjungan kenegaraan PM Ruak di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, 13 Februari 2023, Presiden Jokowi menyatakan Indonesia dalam menjalankan Keketuaan ASEAN 2023 tengah mempersiapkan peta jalan untuk keanggotaan penuh Timor Leste di dalam organisasi kerja sama regional tersebut.

Sebagai informasi, para pemimpin Asia Tenggara di Phnom Penh, Kamboja pada November tahun lalu secara prinsip telah menyetujui untuk menerima Timor Leste menjadi anggota ke-11 ASEAN.

Sejak saat itu, perwakilan Timor Leste diizinkan untuk menghadiri pertemuan-pertemuan ASEAN dalam kapasitas sebagai pengamat (observer), termasuk kedatangan PM Ruak untuk berpartisipasi di KTT Ke-42 kali ini.

Keanggotaan Timor Leste pun menjadi salah satu bahasan dalam KTT ke-42 ASEAN, termasuk dalam pertemuan para menteri luar negeri ASEAN dalam Pertemuan Ke-33 Dewan Koordinasi ASEAN (ACC) pada Selasa, yang turut dihadiri Menlu Timor Leste Adalijza Magno.

Menlu RI Retno Marsudi mengatakan bahwa pertemuan ACC membahas antara lain rekomendasi terkait peta jalan bagi Timor Leste untuk mendapatkan status keanggotaan penuh.

"Saya percaya kita dapat menyetujui rekomendasi peta jalan ini dan membantu saudara-saudara kita di Timor Leste. Kami siap untuk berkontribusi membantu agar mendapat keanggotaan penuh," kata Retno.

Baca juga: Presiden Jokowi gelar pertemuan bilateral dengan PM Vietnam

Baca juga: Presiden Jokowi tinjau Media Center KTT ASEAN

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023