Penukaran uang rupiah itu akan menjangkau masyarakat yang tinggal di sepanjang pinggiran Sungai Kahayan hingga Sungai Kapuas
Palangka Raya (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalimantan Tengah melaksanakan layanan kas keliling susur sungai atau penukaran uang rupiah guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di pinggiran dengan menggunakan transportasi perahu maupun kapal bermotor.

"Penukaran uang rupiah itu akan menjangkau masyarakat yang tinggal di sepanjang pinggiran Sungai Kahayan hingga Sungai Kapuas," kata Kepala BI Perwakilan Kalteng Taufik Saleh saat pelepasan tim Kas Keliling Ekspedisi Rupiah Susur Sungai di Palangka Raya, Selasa.

Baca juga: Ekspedisi Rupiah Susur Sungai jadi sarana edukasi masyarakat Kalteng

Menurut dia, untuk lokasi kas keliling susur sungai ini di Desa Danau Tundai, Desa Tanjung Taruna, Desa Simpur, serta sejumlah desa di Kecamatan Kapuas Barat dan lainnya.

Dibuatnya program layanan kas keliling susur sungai itu, kata dia, sebagai bukti komitmen BI menjangkau seluruh masyarakat di provinsi terluas di Indonesia ini dalam memenuhi kebutuhan uang kartal, sekaligus langkah efektif menarik uang lusuh yang masih beredar atau biasa dikenal dengan clean money policy.

"Selain layanan penukaran uang rupiah, BI juga akan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat di Kalteng untuk lebih mengenal rupiah secara komprehensif melalui konsep Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah," katanya.

Dia mengatakan langkah itu sebagai salah satu bentuk upaya BI dalam mencegah terjadinya pemalsuan uang rupiah, sembari mengenalkan keanekaragaman budaya Indonesia yang terdapat dalam uang rupiah.

Kepala Perwakilan BI Kalteng itu pun mengharapkan dukungan dan bantuan dari seluruh lapisan masyarakat di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila ini, agar layanan kas keliling susur sungai ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Polda Kalteng atas kerja sama dan dukungannya dalam mengawal dan pengamanan barang-barang berharga milik negara yang dibawa.

"Semoga ekspedisi rupiah susur sungai ini dapat membawa dampak positif bagi masyarakat di Kalteng," kata Taufik Saleh.

Baca juga: BI Kalteng siapkan Rp2,5 triliun selama Ramadan-Idul Fitri

Pewarta: Kasriadi/Jaya W Manurung
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023