Harus yang eco friendly, sehingga kita menjaga lingkungan.
Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mendorong Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dapat mewujudkan wisata eco friendly atau ramah lingkungan guna memacu pertumbuhan ekonomi daerah.

"Harus yang eco friendly, sehingga kita menjaga lingkungan," kata Perry Warjiyo saat memberikan kuliah umum di lingkungan Universitas Palangka Raya (UPR), Kota Palangka Raya, Kamis.

Hal itu sejalan dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang tidak lagi fokus mengejar angka kunjungan wisatawan saja, tapi lebih fokus pada usaha mendorong pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism di Indonesia.

Pariwisata berkelanjutan adalah pengembangan konsep berwisata yang memberi dampak jangka panjang, tak hanya dari sisi lingkungan, namun juga sosial, budaya, serta ekonomi.

Perry Warjiyo menyebut pengembangan sektor pariwisata di Kalteng harus dilakukan dengan menyesuaikan potensi dan berbagai kelebihan alam yang dimiliki.

Di antaranya dengan menargetkan wisatawan asing untuk datang berkunjung atau berwisata ke Kalteng, dengan tujuan menikmati alam yang dimiliki termasuk habitat orangutan.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk memacu pertumbuhan ekonomi di daerah juga dapat dilakukan dengan mengoptimalkan pembangunan di bidang pertanian.

"Demikian juga pertanian, agar bagaimana adanya hilirisasi pangan, dengan mengolah berbagai produk, hingga mampu menjangkau pasar ekspor," katanya lagi.

Kemudian, Gubernur BI ini mengingatkan seluruh komponen pembangunan yang ada di Kalteng, agar senantiasa berinovasi dan berkreasi guna menemukan cara baru untuk terus berkembang yang tujuan utamanya adalah kemakmuran rakyat.

"Kuncinya tiga, yakni inovasi, digitalisasi dan sinergi," ujarnya di sela kuliah umum yang mengusung tema synergy and innovation of digital economy, fostering growth (sinergi dan inovasi ekonomi digital mendorong pertumbuhan).

Selain memberikan kuliah umum, Perry Warjiyo yang juga Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) tersebut, sekaligus melantik jajaran Pengurus ISEI Cabang Palangka Raya periode 2022-2025.
Baca juga: BI Sulsel: Perlu mendorong sumber pertumbuhan ekonomi baru di Sulsel
Baca juga: BI dorong pertumbuhan ekonomi Jateng lewat digitalisasi pariwisata


Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023