Terima kasih, Sulawesi Selatan termasuk yang sukses mengendalikan inflasi.
Makassar (ANTARA) - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengapresiasi Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadi salah satu daerah yang sukses mengendalikan inflasi.

"Terima kasih, Sulawesi Selatan termasuk yang sukses mengendalikan inflasi," kata Perry Warjiyo pada Upacara Pengukuhan Kepala Perwakilan BI Provinsi Sulsel, di Kantor BI Perwakilan Sulsel, Makassar, Selasa.

Di Provinsi Sulsel, inflasi secara year on year (yoy) pada Desember 2023 sebesar 2,81 persen. Sementara November 2023 tercatat 2,79 persen. Nilai ini pun tetap pada sesuai target 3 persen.

Bahkan, angka inflasi Sulsel lebih rendah dibandingkan nasional, yang berada pada angka 2,86 persen. Angka inflasi itu untuk pertama kali selama lima tahun terakhir yang terendah di Indonesia.

"Kita terus lakukan gerakan nasional, untuk pengendalian inflasi pangan," kata Perry.

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Andi Muhammad Arsjad menyampaikan Pemprov Sulsel bersama BI Perwakilan Sulsel senantiasa bersinergi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai upaya pengendalian inflasi.

Hal tersebut melalui pengembangan investasi melalui Forum Percepatan Investasi, Perindustrian, Perdagangan dan Pariwisata Sulsel (Pinisi Sultan).

Selain itu, penguatan ekspor/impor dan penguatan sektor pertanian terus dilaksanakan, baik untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri maupun pasar ekspor.

"Di antaranya melalui edukasi praktik pengembangan tanaman hortikultura kepada masyarakat," katanya pula.
Baca juga: BPS catat inflasi Sulsel 2023 terkendali di bawah tiga persen
Baca juga: Ketua DPRD Sulsel meminta KPw BI kendalikan inflasi

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024