Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur mengharapkan pelaksanaan imunisasi di wilayah tersebut dapat mencapai 100 persen pada 2023.
 
Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar saat Pekan Imunisasi Dunia Tingkat Kota Administrasi Jakarta Timur di RPTRA Mustika, Kecamatan Kramat Jati, Selasa, mengatakan, semua elemen masyarakat harus memonitor pelaksanaan imunisasi di setiap wilayah agar target tersebut bisa tercapai.
 
"Agar terlaksana target tersebut, saya juga akan memonitor langsung pelaksanaan imunisasi di wilayah," ujarnya.
 
Menurut dia, target 100 persen imunisasi bukan hanya tugas kader kesehatan saja, tetapi semuanya harus mendukung kegiatan imunisasi agar anak di Jakarta Timur sehat dan tumbuh kembangnya juga baik.
 
"Semua jajaran di Jakarta Timur harus turun ke lapangan, memonitor pelaksanaan imunisasi di tingkat RW dan pastikan agar semua anak sudah terimunisasi dengan baik," kata Anwar.
 
Dia menuturkan, kegiatan imunisasi lengkap sangat penting untuk kesehatan anak dan tumbuh kembang anak.

Baca juga: Pelaksanaan BIAN di Jakarta Timur capai lebih 100 persen
Baca juga: Puskesmas Kecamatan Kramat Jati targetkan 1.500 balita diimunisasi PCV
 
Pekan Imunisasi Dunia yang mengangkat tema "Ayo Lindungi Diri, Keluarga Dan Masyarakat Dengan Imunisasi Lengkap" sebagai upaya intervensi kesehatan masyarakat yang dinilai sangat "cost effective" dalam mencegah Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I).
 
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur, Lysbeth Panjaitan
menjelaskan, fokus Pekan Imunisasi Dunia tahun ini adalah mengajak masyarakat dan tenaga kesehatan untuk memberikan imunisasi rutin kepada anak, bayi dan balita secara lengkap dan tepat waktu.
 
Rangkaian kegiatan pekan imunisasi untuk wilayah Jakarta Timur (Jaktim) sudah dimulai sejak 4 Mei dengan berbagai kegiatan. Di antaranya pelayanan imunisasi kejar dan penyuluhan imunisasi rutin secara serentak.
 
Dalam kegiatan itu juga digelar diskusi tentang imunisasi rutin yang mengangkat tema "Imunisasi Dengan Suntikan Ganda, Aman dan Bermanfaat".
 
Verifikasi status gizi balita, pelayanan imunisasi balita, skrining tumbuh kembang balita, skrining penyakit menular dan tidak menular dan skrining lansia juga masuk dalam kegiatan rangkaian kegiatan pekan imunisasi.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023