Kapal mengalami gangguan mesin jadi kapten memutuskan kembali ke dermaga.
Ambon (ANTARA) - Pihak Pelabuhan Slamet Riyadi Ambon mengonfirmasi kapal cepat Cantika Lestari 77B tujuan Maluku Barat Daya (MBD), Maluku tak beroperasi untuk sementara waktu karena mengalami gangguan mesin

"Saat sudah berlayar menuju Maluku Barat Daya, kapal mengalami gangguan mesin jadi kapten memutuskan kembali ke dermaga," ujar petugas loket tiket Pelabuhan Slamet Riyadi Ambon Echy, di Ambon, Selasa.

Kapal Cantika Lestari 77B adalah salah satu kapal berjenis roll on roll off (roro) ferry milik PT Pelayaran Dharma Indah yang melayani lintasan perairan di kawasan Maluku khususnya wilayah Maluku Barat Daya hingga ke kawasan Kepulauan Tanimbar dan sekitarnya.

Salah satu kawasan kepulauan di Kabupaten Maluku Barat Daya yang dilintasi Kapal Cantika Lestari 77B adalah Pelabuhan Moa Dan Pelabuhan Kisar.

Ia mengatakan untuk mengantisipasi hal itu, maka pihak penyedia kapal memakai sementara kapal cepat Cantika Lestari 99 untuk melayari Kabupaten Maluku Barat Daya.

Kapal Cantika Lestari 99 tersebut dijadwalkan telah berangkat pada Selasa, 9 Mei 2023 pukul 19.00 WIT.

Dia mengonfirmasi bahwa dengan gangguan mesin pada Kapal Cantika 77B itu, maka rute pelayaran Kapal Cantika Lestari 99 yang seharusnya menuju Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku ditiadakan sementara waktu.

"Sementara waktu Kapal Cantika Lestari 99 yang tujuan SBT ditiadakan karena sementara diperbantukan ke jalur MBD," katanya lagi.

Oleh karena itu, para calon penumpang yang ingin menggunakan jasa kapal cepat Cantika Lestari 99 menuju SBT dalam waktu dekat diharapkan bersabar dan menunda keberangkatan hingga Kapal Cantika Lestari 77B selesai diperbaiki.
Baca juga: Tim SAR Gabungan temukan dua nelayan dari kapal mati mesin di Sikka
Baca juga: Kapal pengangkut pemudik rusak diterjang gelombang di perairan NTT

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023