gangguan pada mesin akibat dihantam cuaca buruk
Ternate (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) berhasil menyelamatkan seorang nelayan asal Juanga Kabupaten Pulau Morotai, bernama Idris Tolori (30 tahun) saat mengalami mati mesin.

"Saat sedang dalam perjalanan dari Tobelo menuju Morotai, kami menemukan nelayan tersebut mengalami gangguan pada mesin akibat dihantam cuaca buruk," kata Kepala Basarnas Ternate Fathur Rahman dihubungi, Selasa.

Dia menyatakan, Unit Siaga SAR Morotai mendapat informasi dari Kepala Desa Juanga pada Senin (19/6), langsung bergerak cepat bersama Lanal Morotai, Polairud Morotai dan masyarakat untuk mencari korban untuk diselamatkan.

Dirinya menjelaskan, sekitar pukul 12.00 WIT, tim SAR Gabungan dengan menggunakan RIB Lanal Morotai bergerak menuju LKP untuk melaksanakan pencarian.

Baca juga: SAR evakuasi penumpang KM Azzahr mati mesin di perairan Banggai
Baca juga: Basarnas evakuasi tiga penumpang kapal mati mesin di Buton Selatan


Setelah 2 jam lebih melakukan pencarian, pukul 14.30 WIT, Tim SAR Gabungan berhasil menemukan korban dalam keadaan selamat pada koordinat 2° 4'38.00"N / 128° 6'47.00"E.

Selanjutnya korban dievakuasi dan longboat ditarik menuju ke Pelabuhan Juanga Morotai. Pukul 16.05 WIT, Tim SAR Gabungan tiba di pelabuhan Juanga Morotai dan korban diserahkan ke keluarga, Operasi SAR pun selesai dan ditutup.

Kronologis kejadian, pada tanggal 19 Juni 2023 pukul 05.00 WIT korban berangkat dari Tobelo menuju Morotai menggunakan longboat. Pada pukul 08.30 WIT, longboat korban mengalami mati mesin karena cuaca buruk dan meminta bantuan kepada Kepala Desa Juanga menghubungi SAR Morotai untuk meminta pertolongan.

Baca juga: Basarnas Manado selamatkan enam nelayan yang perahunya mati mesin
Baca juga: Basarnas evakuasi 23 penumpang kapal mesin mati di Kabupaten Sikka

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023