Banjarmasin (ANTARA) -
Sebanyak 5.480 relawan pemadam kebakaran di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mendapat kartu kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan (jamsostek) pada 2023.
 
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina di Banjarmasin, Selasa, menyampaikan  pemerintahannya membantu pembayaran iuran jamsostek bagi ribuan relawan Damkar tersebut mulai tahun 2023 ini.
 
Menurut dia, ribuan relawan Damkar yang mendapat kartu jamsostek tersebut yang sudah terdaftar secara resmi di Pemkot Banjarmasin.
 
"Mereka tercatat diaplikasi Pemkot Banjarmasin, yakni, e-Damkar," ujarnya.

Baca juga: Dewas: para pekerja di Kalsel rasakan manfaat besar BPJAMSOSTEK

Baca juga: BPJAMSOSTEK Banjarmasin beri perlindungan 250 peserta magang
 
Pemberian bantuan pembayaran iuran jamsostek bagi ribuan relawan Damkar tersebut, kata Ibnu Sina, sesuai keputusan yang dikeluarkannya Nomor 209 Tahun 2023 tentang relawan pemadam Kota Banjarmasin.
 
Ini sebagai perhatian Pemkot Banjarmasin kepada para relawan Damkar yang membantu mewujudkan perlindungan terhadap seluruh warga kota Banjarmasin dari bahaya kebakaran.
 
"Karena ini menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat," ujarnya.
 
Karena relawan Damkar yang bekerja untuk membantu penanganan musibah kebakaran ini sangat rentan terjadi kecelakaan, hingga membahayakan jiwa mereka.
 
Jika sampai terjadi hal yang tidak diinginkan dan mengalami kecelakaan tersebut, hingga mengalami kecacatan bahkan hingga kehilangan jiwa, ada jaminan keberlanjutan bagi kesejahteraan mereka demikian juga untuk ahli warisnya.
 
"Mudahan tetap berhati-hari dalam melaksanakan tugas membantu warga yang terkena musibah kebakaran," kata Ibnu Sina.
 
Selanjutnya, Ia menambahkan, para sopir unit Damkar di Banjarmasin juga diuji kelayakannya untuk dapat SIM dan diberi pelatihan safety driving agar meningkatkan keselamatan di jalan raya saat bertugas.
 
"Pantang pulang sebelum padam, keselamatan di jalan juga penting, mudah-mudahan kita semua dihindarkan dari marabahaya apapun selama bertugas," demikian kata Ibnu Sina.*
   

Pewarta: Sukarli
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023