Jakarta (ANTARA) - Legenda basket tim nasional Australia sekaligus direktur World Basketball Academy (WBA) Australia Andrew Vlahov menyebut KFC DBL Camp 2023 sebagai liga pengembangan pebasket muda yang hebat.

“Kami selalu antusias setiap kali hadir ke Indonesia. Bersama DBL Indonesia untuk melatih dan mengembangkan potensi luar biasa anak-anak muda yang penuh talenta basket dan semangat untuk berkembang. Saya sangat terkesan karena tahun ini, KFC DBL Camp digelar di Jakarta," kata  Vlahov saat ditemui pewarta di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Selasa.

KFC DBL Camp 2023 resmi digelar untuk pertama kalinya di Jakarta dengan diikuti oleh 246 pebasket muda yang telah tersaring dari seleksi regional.

"Pertama, kami selalu melatih filosofi tim. Puncak pelatihan kami ingin melihat karakter yang kami bentuk. Kami ingin kerja keras, kami ingin mereka menunjukkan pada orang-orang bahwa mereka dapat menunjukkan karakter yang baik," ungkap Andrew Vlahov yang merupakan pebasket yang pernah bertanding di empat edisi Olimpiade itu.

Kedepannya 246 pebasket muda putra-putri yang telah diseleksi dari 31 kota dan 23 provinsi di seluruh Indonesia itu bakal menjalani tahapan seleksi tim all-star yang akan diberangkatkan ke Amerika untuk memperoleh pelatihan dari NBA pada Juli mendatang.

Rencananya seleksi tim all-star bakal berlangsung hingga 14 Mei mendatang dengan menyaring 12 pebasket putra dan 12 pebasket putri terbaik.

Baca juga: KFC DBL Camp jadi ajang pembekalan pebasket muda

Selain diseleksi oleh Andrew Vlahov, para pebasket peserta DBL Camp 2023 bakal diseleksi oleh pelatih-pelatih kaliber dunia seperti Shane Froling, Michael Lake, Makaila Dyer, dan Mick Downer.

Proses seleksi juga dipantau oleh pelatih-pelatih DBL Academy dari dalam negeri seperti Dimaz Muharri, Erwin Triono, Didit Pamungkas, dan Madya Firman, termasuk oleh dua legenda basket Indonesia, Rony Gunawan dan Andrie Ekayana.

"Kami selalu mengumpulkan seluruh pebasket muda terbaik dari yang terbaik di seluruh Indonesia untuk dipilih KFC DBL Indonesia All Star," kata Direktur DBL Indonesia Masany Audri.

Baca juga: Timnas Basket Putri akhiri kutukan laga perdana SEA Games

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023